Pilih Tanah Merah Titik Awal Kampanye Pilpres, Anies Nostalgia Zaman Pilgub DKI

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 28 November 2023
Pilih Tanah Merah Titik Awal Kampanye Pilpres, Anies Nostalgia Zaman Pilgub DKI
Relawan "emak-emak" bergamis spanduk bersiap sambut Anies di Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023). ANTARA/ Donny Aditra

MerahPutih.com - Ada alasan tersendiri Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 1 Anies Baswedan memilih Kampung Tanah Merah di Jakarta Utara sebagai titik awal di hari pertama tahapan kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kawasan di utara Ibu Kota itu memiliki nilai historis dan nostalgia tersendiri dalam kemenangan Anies saat mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 silam.

Baca Juga:

Kampanye Pertama Pilpres di Tanah Merah, Anies Minta Restu Ibu dan Mertua

Anies mengungkapkan warga kampung Tanah Merah memiliki sejarah kedekatan dengannya secara emosional karena mereka yang pertama meminta dirinya maju sebagai calon gubernur di tahun 2016.

"Kemudian pada tanggal 23 September 2016 pada waktu itu pendaftaran pilkada hari Jumat, hari Sabtu saya keliling pertama itu di kampung Tanah Merah," kata Anies sebelum berangkat memulai kampanye di kediamannya di Jakarta, Selasa (28/11).

Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan didampingi oleh istrinya Fery Farhati di kediamannya di Jakarta, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Menurut dia, Kampung Tanah Merah itu memiliki persoalan sengketa lahan dengan sebuah perusahaan milik negara. Lalu saat saat menjadi Gubernur, Anies mengatakan dirinya menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) secara kolektif untuk warga tersebut sebagai solusi sementara.

"Jadi sekarang kami akan berjalan menuju sebuah amanah yang sedang sekarang diatur lewat pemilu tingkat nasional. Saya mulainya dari kampung di mana dulu kami memulai di Jakarta," tutur dia, dikutip dari Antara.

Dengan sejarah tersebut, Anies mengaku memiliki kedekatan emosional dan sering berkunjung ke kampung itu sejak menjabat sebagai gubernur hingga kini. Kali ini untuk menggelar kampanye pilpres pertama, Anies berangkat dari kediamannya menuju ke Kampung Tanah Merah sekitar pukul 08.15 WIB. (*)

Baca Juga:

Masa Kampanye Dimulai, Pengawasan Berlapis Diperlukan untuk Cegah Kecurangan

#Pilpres 2024 #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan