Pilih Tabir Surya Sesuai 3 Jenis Kulit

 Irene Gianov Irene Gianov - Sabtu, 27 Mei 2017
Pilih Tabir Surya Sesuai 3 Jenis Kulit
Pemilihan tabir surya yang tidak sesuai jenis kulit bisa memberikan dampak yang tidak diinginkan (Foto: Pixabay)

Di Indonesia, tabir surya masih digemari, mengingat panas mataharinya yang menyengat. Sementara, aktivitas tetap harus berjalan. Anda tentunya dapat mengenakan topi, payung, sarung tangan, masker, manset, atau pun baju berlengan panjang. Namun, tabir surya mengandung berbagai bahan yang bisa menyerap dan merefleksikan kembali sebagian radiasi sinar UV matahari.

Dengan berbagai bentuk, baik losion, semprot, maupun gel, tabir surya bisa melindungi kulit dari 'bakaran' sinar matahari. Juga, menghindari bintik hitam yang bisa muncul pada kulit akibat paparan sinar matahari. Dari sekian banyak produk tabir surya di pasaran, ada baiknya Anda tahu mana yang sesuai untuk kulit Anda.

1. Kulit berminyak dan berjerawat

Tabir surya sering kali memberikan efek berminyak setelah dipakai. Hal ini yang mungkin Anda, khususnya pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat, khawatirkan sebelum mengaplikasikan produk ini. Pilihlah tabir surya yang diformulasikan ringan, tanpa meninggalkan bekas lengket dan berminyak (oil free).

Selain itu, Anda bisa memerhatikan kandungan bahannya yang efektif menghilangkan minyak, dingin di kulit, serta melindungi dari keruhnya lingkungan. Bahan penghilang minyak, contohnya adalah yang mengandung tea tree oil dan green tea. Sedangkan thanaka untuk rasa dingin di kulit dan ekstrak bunga mawar melindungi dari lingkungan, yang semuanya baik untuk menghilangkan jerawat. Aplikasikan tabir surya di wajah Anda sebelum make-up.

2. Kulit sensitif

Untuk kulit sensitif, pilih tabir surya dengan bahan yang aman bagi kulit. Hindari yang mengandung wewangian, pewarna, asam amino PABA (Para-Aminobenzoic Acid), dan oxybenzone yang bisa menyebabkan alergi pada kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan aloe vera, yang baik untuk 'menenangkan' kulit sensitif Anda.

3. Kulit kering dan menua

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih kering karena tubuh memproduksi lebih sedikit kelembapan. Pilih tabir surya yang melindungi sekaligus menghidrasi dan melembapkan, tanpa membuat kulit terasa berminyak. Serta, tidak meninggalkan bercak putih setelah pemakaian. Bahan-bahan yang melembapkan, misalnya madu, dimethicone, dan lanolin dari bulu domba.

Baca juga: Panjangkan Rambut dengan Telur.

#Info Kecantikan #Tips #Sinar Matahari
Bagikan
Ditulis Oleh

Irene Gianov

Love Indonesia
Bagikan