Pilih-Pilih Baju Muslim buat si Kecil, ini Tipsnya Buat anak, pilih baju muslim yang nyaman. (foto: laksani)

BAJU muslim baru di Hari Lebaran jadi hal yang amat dinanti. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga ingin tampil modis di hari raya. Meskipun demikian, memilih baju muslim yang tepat untuk si buah hati memang tidaklah mudah. Gerak anak yang aktif membuat orangtua harus jeli memilihkan baju muslim yang nyaman.

Bagi para orangtua, berikut tips panduan untuk memilihkan baju muslim yang nyaman dan trendi bagi si kecil.

1. Baju yang nyaman

Salah satu faktor penentu kenyamanan pakaian ialah bahan yang digunakan. Untuk busana buah hati, kamu bisa memilih bahan katun yang lembut dan dingin. Selain itu, katu akan mudah menyerap keringat. Katun jadi pilihan terbaik mengingat anak kecil yang cenderung aktif dan banyak berkeringat. Ingat ya, pilih katun lembut agar nyaman digunakan.

2. Pilih sesuai dengan warna kulit

baju muslim anak
Boleh saja memilihkan baju bergambar karakter favorit. (foto: Instagram @abat_moslemkids)

Beberapa baju muslim anak menampilkan gambar karakter kesukaan mereka. Boleh saja kamu memilihkan baju bergambar karakter favorit mereka. Namun, tetap sesuaikan dengan warna kulit ya. Apabila buah hati kamu cenderung berkulit gelap, sebaiknya pilih kombinasi warna yang tidak ramai. Kombinasi warna ramai akan membuat kesan aneh dan kotor. Solusinya terbaik, pilihlah baju berwarna netral, seperti cokelat, atau yang hampir sama dengan warna kulit buah hati.

3. Sesuaikan dengan aktivitas

Tingkat aktivitas dan kegiatan juga menentukan pilihan baju muslim anak. Ada baju muslim yang ingin dipaki untuk bepergian, kegiatan agama, maupun sehari-hari. Jika anak akan pergi bermain, pakaikan baju atasan dan celana agar tidak mengganggu aktivitasnya.

4. Sesuaikan dengan karakter anak

Agar baju tak mengalahkan anak, pilihlah baju sesuai dengan karakter anak. Sebagai contoh, jika anak kamu pendiam, pilihkan baju gamis dengan ornamen, tapi jangan terlalu ramai ya. Pilihan itu akan membuat anak terlihat lebih cantik dan natural. Sementara itu, bagi anak yang lebih aktif, pilihkan baju dengan motif gari atau bahkan polos.

5. Desain yang simpel

baju muslim anak
Pilih desain yang simpel. (foto: Instagram @abata_moslemkids)

Mengingat anak-anak bisa jadi amat aktif, pilihan desain baju yang simpel akan memudahkan mereka dalam bergerak. Pilihannya bisa gamis ataupn paduan atasan dan celana.

6. Pilihlah ukuran yang tepat

Busana muslim yang terlalu kecil biasanya akan memuat anak merasa tidak nyaman bahkan sulit bergerak ketika dipakai. Pastikan membeli pakaian yang sedikit lebih besar. Jika badan anak bertambah besar, kamu tidak harus cepat-cepat menggantinya karena sudah tidak muat. Namun, pakaian yang terlalu besar juga tidak baik, karena akan mengganggu aktivitas anak.

7. Jilbab dengan bahan tidak licin


Buat anak perempuan hindari memilihkan jilbab berbahan licin. Jilbab berbahan licin akan mudah lepas sehingga menyusahkan anak saat beraktivitas. Pilihlah jilbab model simpel. Lebih baik lagi, pilihkan jilbab jadi yang langsung pakai. Hal itu akan memudahkan si kecil memakai kembali jilbab jika terlepas. (*)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH