Pilih Jas Hujan yang Bukan Ponco Jangan pakai jas hujan jenis ponco. (Foto: Unsplash/Latrach Med Jamil)

JAS hujan sangat penting tersimpan di sepeda motor bila cuaca hujan mengguyur. Tak ada yang tahu kapan hujan akan turun di jalan. Sudah seharusnya ada jas hujan tersimpan di sepeda motor.

Jas hujan yang digunakan oleh pengendara sepeda motor sangat beragam. Model dan warnanya juga sangat bervariasi. Namun menurut laman KabarOto, jangan sembarangan memilih jas hujan. Alih-alih terhindar dari air hujan, malah mendapat celaka.


Baca Juga:

Musim Hujan, Sepeda Motor Harus Selalu Maksimal

motor
Sangat tidak direkomendasikan memakai jas hujan jenis ponco. (Foto: Unsplash/Good Rewind)


Jas hujan yang dipakai bukan menjadikan pemakainya tidak basah. Jas hujan untuk meminimalisir air yang terkena tubuh. ketika berkendara dalam kondisi hujan. Banyaknya berbagai macam jenis jas hujan tentunya memiliki banyak kelebihan dan kekurangan.

Menurut KabarOto sebaiknya jas hujan yang dipakai nyaman, terhindar dari air dan aman. Menurut Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora yang dilansir dalam KabarOto, mengatakan bahwa disarankan memilih jas hujan yang tepat mulai dari jenis hingga warna jas hujan untuk kenyamanan dan keamanan pengendara maupun pengguna sepeda motor lainnya.

Menurutnya jenis jas hujan yang baik dan aman digunakan adalah jas hujan yang merupakan setelan jaket dan celana. Jas hujan jenis ini ini memudahkan pengendara sepeda motor bergerak, namun menutup seluruh bagian tubuh. Yang tak kalah pentingnya adalah jas hujan itu tidak mengganggu pengendara lain atau orang yang dibonceng.

Baca Juga:

Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini

jas hujan
Pilihlah warna jas hujan yang mencolok. (Foto: Pexels/Wesley Carvalho)


Ludhy sangat tidak menyarankan menggunakan jas hujan jenis ponco. Memang jas hujan ini memberikan keleluasaan udara yang masuk dan masih memberikan perlindungan dari air hujan, Namun sangat berisiko kalau dikenakan pengendara sepeda motor. Jenis jas hujan ini dapat tersangkut pada kendaraan pengguna atau bahkan bisa tersangkut dengan kendaraan lain sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Celakanya lagi, menurut Ludhy, jas hujan ponco dapat menghalangi pandangan dari pengendara lain. Kemudian apabila tertiup angin dan akan menyebabkan kecelakaan juga.

Pemilihan warna yang baik adalah warna yang cerah dan mencolok, hal ini agar memudahkan pengendara lain dalam melihat keberadaan kita. Karena ketika turun hujan, tingkat pengelihatan pengendara akan berkurang dikarenakan terhalangi oleh air hujan. (psr)


Baca Juga:

Roller Sangat Vital pada Sepeda Motor Matik

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH