Pilih Daycare yang Tepat bagi si Kecil, ini Panduannya Orangtua harus berhati-hati dalam memilihkan daycare untuk si kecil. (foto: unsplash/tanahpong toochinda)

BAGI orangtua bekerja, meninggalkan anak di rumah bersama pengasuh atau kerabat dekat bisa menjadi dilema. Hal itulah yang kemudian memunculkan penitipan anak atau daycare.

Biasanya, tempat pengasuhan dan penitipan anak ini menerima anak usia 3 tahun ke atas. Mereka menyediakan pengasuh terlatih, lengkap dengan hiburan tambahan guna meningkatkan kenyamanan.

BACA JUGA: Jika Anak Bunda Hiperaktif, Lakukanlah ini!

Nah, bagi kamu orangtua bekerja yang tengah mencari daycare yang pas buat si kecil, ikuti deh panduan yang diberikan Alodokter berikut.

1. Ketahui testimonial orangtua lain

writing
Gali informasi dari orangtua lain. (foto: pixabay/mohamed hassan)


Ulasan dari orangtua yang pernah menitipkan anak mereka bisa memengaruhi tingkat kepercayaan dalam mengambil keputusan. Semakin banyak yang merekomendasikan, semakin tepercaya tempat tersebut. Rekomendasi orang lain menandakan kepuasan pelanggan dengan alasan tertentu. Secara tidak langsung, hal itu menunjukkan kualitas pelayanan yang baik.

2. Kurikulum pembelajaran selama daycare

child
Pilih yang punya kurikulum tepat. (foto: pixabay/picjumbo)


Bukan sekadar tempat menitipkan si kecil, daycare juga mengajarkan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Daycare yang baik memiliki kurikulum sebagai acuan saat mendidik anak. Penerapannya dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, disesuaikan karakteristik anak. Pastikan kamu menitipkan anak kepada daycare dengan kurikulum yang tepat sehingga membantu tumbuh kembang si kecil.

BACA JUGA: 4 Aktivitas Penuh Manfaat untuk Mengisi Waktu Liburan Si Kecil

3. Karakteristik pengasuh daycare

kids
Perhatikan karakteristik pengasuh. (foto: unsplash/alexander dummer)


Ketika menitipkan anak pada orang atau pihak lain, kepercayaan menjadi jaminannya. Pengasuh yang menjalin interaksi dengan anak harus diperhatikan secara keseluruhan, apakah pengasuhnya sehat atau sakit, bagaimana gaya bicaranya, bagaimana cara pengasuh menghadapi anak ketika menangis atau anak jahil. Penting untuk mengetahui karakteristik pengasuh sehingga kamu bisa menentukan baik tidaknya jika si kecil diasuh olehnya.


4. Fasilitas yang disediakan daycare

daycare
Perhatikan kelengkapan fasilitas. (foto: pinterest/setyourroom)

Perhatikan seluruh ruangan dan fasilitas yang diberikan pihak daycare. Daycare yang baik memiliki kebijakan yang ketat. Pastikan kebersihan di daycare yang kamu pilih terjamin, mulai dari toilet, dinding, dapur, lantai hingga permainannya. Hal itu penting karena mainan bersentuhan secara langsung dengan tangan anak dan mudah terjangkit bakteri atau kuman. Tak hanya itu, makanan yang disiapkan pihak daycare juga penting untuk diperhatikan. Pastikan kebersihan makanan yang diberikan pihak daycare terjamin. Beri tahu pihak daycare kalau anakmu punya riwayat alergi pada makanan tertentu.(dys)

BACA JUGA: Ibu Hamil, 4 Barang Ini Jangan Sampai Tertinggal saat Pergi Liburan



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH