Pilkada 2018

Pilgub Sumsel, Cegah Kecurangan Pasangan Herman-Mawardi Kirim Saksi ke TPS

Eddy FloEddy Flo - Senin, 25 Juni 2018
Pilgub Sumsel, Cegah Kecurangan Pasangan Herman-Mawardi Kirim Saksi ke TPS
Cagub-Cawagub Sumsel Herman Deru bersama Mawardi Yahya di KPU Sumsel (Foto: Ist)

MerahPutih.Com - Tim sukses Herman Deru-Mawardi Yahya akan menerjunkan puluhan saksi per TPS guna memantau perolehan suara pasangannya di Pilgub Sumatera Selatan.

"Setiap TPS akan ditempatkan 15 hingga 20 saksi pemantau untuk mengawasi perolehan suara pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya," ujar Koordinator Media Centre HD-MY (Herman Deru-Mawardi Yahya), Alfrenzi Panggarbesi melalui keterangan persnya, Senin (25/6).

Hal ini dilakukan tim pemenangan guna mengantisipasi kemungkinan kecurangan berupa penggelembungan suara yang berpotensi merugikan pihaknya.

Pasangan Herman Deru dan Mawardi Yahya
Herman Deru bersama pasangannya Mawardi Yahya dalam Deklarasi Pilgub Sumsel (Foto: Ist)

Sebab, menurut Alfarenzi potensi kecurangan itu ada setelah sejumlah hasil survei membuktikan bahwa pasangan HD-MY unggul dari lawan-lawannya.

"Mereka saksi ini telah dibekali pengetahuan jadi tahu apa yang harus dilakukan saat pemungutan suara," katanya.

Selain itu, tim pemenangan HD-MY juga juga telah membentuk tim anti politik uang, Tim Satuan Antipolitik Uang (SAPU) yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sumsel.

"Tim SAPU bertugas mengawasi praktik politik uang," kata dia.

Sebelumnya, sejumlah lembaga survei merilis hasil risetnya terkait Pilgub Sumsel. Hasilnya pasangan HDMY masih unggul dari kompetitornya.

Debat Pilgub Sumsel 2018
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan nomor urut satu Herman Deru-Mawardi Yahya (kiri) (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Survei Populi Centre menempatkan keterpilihan pasangan HDMY tertinggi 40,8 %, disusul diposisi kedua pasangan Dodi Reza Alex- Giri Ramanda Kiemas dengan 30,3%.

Untuk urutan ketiga diperoleh pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo dengan 13.1%. Urutan paling buncit diisi pasangan Saifudin Aswari Rivai-Muhammad Irwansyah 4,3%, dan masyarakat yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab, sebesar 11.6%.

Hasil survei Stratak Indonesia juga merilis keunggulan elektabilitas pasangan yang sama. Herman Deru-Mawardi Yahya sebesar 43,88 %, disusul Dodi-Giri 19,11%.

Lalu, hasil Lembaga survei Pusat Demokrasi dan HAM (PuDeHAM), pasangan nomor urut satu itu dipilih oleh 46.0% responden.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Kembali Bertarung di Pilgub Sumsel, Ini Strategi Herman Deru

#Pilkada 2018 #Pilkada Serentak #Herman Deru
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan