Pilgub di Pulau Jawa Dimenangi Paslon Nomor Urut Satu Ilustrasi pemilih dalam pilkada serentak. (MP/Dery Ridwansah)

Merahputih.com - Sejumlah lembaga survei telah menyelesaikan proses hitung cepat pemilihan Kepala Daerah serentak. Menariknya, dalam pemilihan Gubernur di Pulau Jawa, mereka yang berjaya bernomor urut satu.

Di Jawa Barat, pasangan nomor urut 1, mantan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil langsung sujud syukur dan menangis sesaat sebelum menyampaikan pidato kemenangannya bersama mantan Bupati Tasikmalaya UU Ruzhanul Ulum. Keduanya diusung Nasdem, PPP, Hanura dan PKB. Hasil hitung cepat perolehan suara terbanyak berpihak kepada mereka, dengan mengantongi 32,54 persen suara versi Litbang Kompas dan 33,65 versi LSI Denny JA.

Pesaing terdekatnya, paslon nomor dua, Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang di usung Gerindra, PKS dan PAN meraih 29,53 persen dan 28,41 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Demokrat dan Golkar) 25,72 persen dan 25,48 persen yang bernomor urut 4, dan terakhir Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (PDIP) yang bernomor urut 2 hanya meraup 12,2 persen dan 12,46 persen.

Beralih ke Jawa Tengah. Petahana, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melenggang masuk ke periode kedua, bersama Taj Yasin (PDIP, Golkar, Nasdem, PPP, Demokrat) dengan nomor urut 1 berhasil dalam perolehan 59,52 persen suara, menggungguli lawan mereka yakni pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah (Gerindra, PKS, PAN, PKB) yang bernomor urut 2 dengan 40,48 persen versi LSI Denny JA.

Ridwan Kamil bersama keluarga
Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum bersama keluarga besar. (MP/Mauritz)

Di Pilgub Jawa Timur pun sama, yang menjadi pemenang versi hitung cepat adalah pasangan Khofifah-Emil. Bagi Khofifah, ini merupakan usaha yang ketiga kalinya ia maju sebagai Calon Gubernur setelah dua kali sebelumnya mencalonkan diri namun kalah, Kali ini, Khofifah bersama Emil Dardak yang di usung Demokrat, Golkar, PPP, Nasdem, Hanura dan PAN berhasil meraih 54,24 persen suara.

Khofifah mengalahkan lawan setianya, yakni Saifullah Yusuf yang telah dua periode menjabat Wagub Jatim. Cagub Saifullah yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno dan diusung oleh PDIP, PKS, Gerindra, dan PKB, hanya mengantongi 45,76 persen vresi LSI Denny JA.

Meskipun pasangan bernomor urut 1 menang di pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat, calon terpilih versi hitung cepat, Ridwan Kamil, melarang pendukungnya untuk melakukan euforia kemenangan secara berlebihan dan menyarankan untuk berdoa hingga ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU.

"Kepada pendukung saya, saya melarang eforia berlebihan. Hari ini tidak ada pawai, hari ini kita menerima berita baik yang disampaikan oleh quick count tetapi belum resmi," ujar Ridwan Kamil saat menyampaikan pidato kemenangannya, di Kota Bandung.

Ganjar Pranowo saat pencoblosan Pilgub Jateng
Ganjar Pranowo memasukkan surat suara ke dalam kotak suara Pilgub Jateng di tempat pemungutan suara (TPS) 2, Kelurahan Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Pria yang akrab disapa Emil ini, meminta para pendukungnya untuk tetap santun, tidak terpancing dengan isu-isu yang menyerang pasangan Rindu. Ia mengungkapkan bahwa perjalanannya dalam kontestasi Pilgub Jabar 2018 hingga mencapai titik sekarang ini sangat panjang. Lebih dari 1,5 tahun. Ia melewati berbagai dinamika baik yang manis maupun pahit.

Betapa tantangan dan fitnah dunia betebaran sedemikan rupa, tapi jika Allah sudah berketetapan, maka tidak ada daya upaya dunia yang bisa melawan ketetapan Allah SWT, kata dia.

Menurut Emil, setelah KPU menetapkan dirinya sebagai gubernur, maka ia berjanji akan menjadi pemimpin bagi semua warga Jabar. "Saya tidak akan membeda-bedakan suku, agama ras, partai pendukung atau bukan, mencoblos saya tidak, selama ia warga Jabar maka saya wajib melindunginya dan menolong hidupnya," katanya.

Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin mengucapkan selamat kepada Ridwan Kamil karena yang unggul dalam Pilkada Jabar berdasarkan hasil hitung cepat.

TB Hasanuddin secara langsung mendatangi Hotel Papandayan atau posko hitung cepat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, setelah memantau proses penghitungan cepat di Buahbatu.

"Dalam sebuah kompetisi, tentu ada pihak yang kalah dan menjadi pemenangnya. Berdasarkan dari hasil hitung cepat, lembaga survei telah menyebutkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum sebagai pemenangnya. Saya mengucapkan Selamat untuk pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruhzanul Ulum," ujar mantan anggota DPR RI itu dikutip Antara.

Cagub nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa di kediamannya (MP/Budi Lentera)

Begitu pula yang disampaikan oleh "Jenderal Nagabonar" Deddy Mizwar. Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat yang mencalonkan diri menjadi Gubernur, juga mengucapkan selamat kepada pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum yang unggul sementara berdasarkan perhitungan cepat oleh sejumlah lembaga survei.

"Saya ucapkan selamat kepada paslon nomor satu yang akan jadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat untuk lima tahun ke depan," kata Deddy Mizwar dalam jumpa persnya di Media Center Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi di Intercontinental Hotel Bandung.

Dia berharap pasangan M Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu bisa menjalankan amanah dengan teguh sehingga bisa menjalankan pemerintahan lima tahun ke depan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan tersebut ia mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat untuk merekatkan tali persaudaran dan silaturahim pasca pelaksanaan Pilgub Jawa Barat 2018. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH