Pikiran Positif Tentang Penuaan Baik untuk Pemulihan Memori pada Lansia

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 29 Juni 2023
Pikiran Positif Tentang Penuaan Baik untuk Pemulihan Memori pada Lansia
Keyakinan positif ini juga memungkinkan lansia memulihkan kognisi mereka hingga dua tahun lebih awal. (Pexels/Anastasia Shuraeva)

ORANG lanjut usia (lansia) dengan mild cognitive impairment (MCI) atau gangguan kognitif ringan, lebih mungkin untuk memulihkan fungsi ingatan jika mereka berpikiran positif tentang penuaan, dibandingkan dengan mereka yang memiliki emosi negatif tentang hal itu. Demikian dikatakan sebuah studi baru dari Yale School of Public Health, AS.

MCI adalah bentuk umum dari kehilangan memori. Keyakinan positif tentang penuaan memberi lansia kesempatan 30 persen lebih baik untuk memulihkan pemikiran normal.

“Para peneliti juga menemukan bahwa keyakinan positif ini juga memungkinkan peserta untuk memulihkan kognisi mereka hingga dua tahun lebih awal daripada mereka yang memiliki keyakinan negatif akan pertambahan usia,” demikian diberitakan Neuroscience News.

“Keunggulan pemulihan kognitif ini ditemukan terlepas dari tingkat keparahan MCI awal,” hasil penelitian tersebut menambahkan.

Baca juga:

Studi: Gairah Seksual Bisa Perpanjang Usia Pria Lansia

Pikiran yang positif megenai pertambahan usia mengurangi stres yang disebabkan oleh tantangan kognitif. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Lebih dari 1.700 orang di atas usia 65 berpartisipasi dalam studi yang dipublikasikan di JAMA Network Open.

“Dalam studi eksperimental sebelumnya dengan orang yang lebih lanjut usia, pikiran yang positif megenai pertambahan usia mengurangi stres yang disebabkan oleh tantangan kognitif, meningkatkan kepercayaan diri tentang kognisi, dan meningkatkan kinerja kognitif,” tulis penulis studi.

“Oleh karena itu, kami berhipotesis bahwa orang yang lebih tua dengan keyakinan usia positif akan lebih mungkin pulih dari MCI dan akan melakukannya lebih cepat dibandingkan dengan individu dengan keyakinan negatif akan pertambahan usia,” para peneliti menjelaskan.

Profesor kesehatan masyarakat dan psikologi Becca Levy yang menjadi penulis utama studi tersebut, mengatakan kepada Neuroscience News, “Kebanyakan orang menganggap tidak ada pemulihan dari MCI, tetapi sebenarnya setengah dari mereka yang sembuh."

Levy menambahkan, baru sedikit yang diketahui tentang mengapa beberapa pulih sementara yang lain tidak. "Itu sebabnya kami melihat keyakinan usia yang positif, untuk melihat apakah hal itu akan membantu memberikan jawaban," ujarnya.

Baca juga:

Fenomena Lelah Hidup di Kalangan Lansia

Intervensi keyakinan usia pada individu dan masyarakat dapat meningkatkan jumlah pemulihan kognitif. (Pexels/Tristan Le)

“Orang yang lebih tua dalam kelompok keyakinan positif akan penambahan usia yang memulai studi dengan kognisi normal lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan MCI selama 12 tahun ke depan dibandingkan mereka dalam kelompok keyakinan negatif akan pertambahan usia, terlepas dari usia dasar dan kesehatan fisik mereka,” Neuroscience News melaporkan.

“Mengingat keyakinan usia yang positif dapat diperkuat, temuan kami menunjukkan bahwa intervensi keyakinan usia pada tingkat individu dan masyarakat dapat meningkatkan jumlah orang yang mengalami pemulihan kognitif,” kata studi tersebut. (aru)

Baca juga:

Agar Lansia Tetap Bugar Perlu Olahraga Low Impact

#Kesehatan #Usia Lansia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan