Pikat Wisatawan, Sultan Cirebon Tambah Wahana di Goa Sunyaragi Goa Sunyaragi, Cirebon (Foto: MP/Fredy Wansyah)

MerahPutih.Com - Goa Sunyaragi Cirebon tercatat sebagai salah satu destinasi wisata sejarah. Goa milik Keraton Kasepuhan itu sudah lama dibuka untuk umum. Namun dalam perjalanan waktu, minat pengunjung masih diluar ekspektasi pengelolanya.

Berdasarkan sejumlah pertimbangan, tempat wisata Goa Sunyaragi berencana menambah wahana baru untuk memikat tarik sehingga pengunjung atau wisatawan tidak bosan.

"Penambahan wahana permainan agar lebih menarik sehingga tidak membosankan," kata Sultan Keraton Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat di Cirebon, Sabtu (10/3).

Penambahan wahana baru di Goa Sunyaragi di antaranya balon terbang, ayunan terbang, sepeda terbang, dan panahan.

Sultan sebagaimana dilansir Antara mengatakan adanya penambahan wahan ini agar Goa Sunyaragi tidak membuat para wisatawan bosan karena setiap berkunjung hanya menemukan itu-itu saja.

Untuk itu memang sangat diperlukan kreativitas agar semakin membuat orang betah dan ingin kembali ke Kota Cirebon.

"Goa Sunyaragi memang itulah adanya benda yang usianya lebih dari 400 tahun dan tentunya kalau begitu-begitu saja tanpa ada yang menarik dikhawatirkan tidak mau ada yang datang lagi," tuturnya.

"Jadi harus ada kreativitas ini (penambahan wahana), oleh karena itu perlu dukungan keraton, pemerintah, dan masyarakat," katanya.

Menurutnya, pariwisata di Kota Cirebon harus dikembangkan dan dikolaborasikan antara wisata sejarah, budaya, serta ziarah dengan wisata permainan, wisata olahraga, pendidikan, dan wisata lainnya.

"Ini harus berkolaborasi, termasuk dengan kuliner, kerajinan, dan kesenian," ujarnya.

Untuk tiket wahana baru di Goa Sunyaragi kata Sultan terjangkau pengunjung. Tiket masuk dibandrol Rp10 ribu, tiket per wahana masing-masing hanya Rp10 sampai dengan Rp20 ribu.

"Kalau tiket masuk yang termurah, karena kalau didolarkan tidak sampai satu dolar," kata Sultan Arief Natadiningrat.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH