Pidato Jokowi di Rakernas PDIP: Kita Harus Berdikari di Bidang Ekonomi

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 10 Januari 2020
 Pidato Jokowi di Rakernas PDIP: Kita Harus Berdikari di Bidang Ekonomi
Presiden Jokowi saat pembukaan Rakernas PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I sekaligus HUT Ke-47 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), di Kompleks JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1).

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak kepada seluruh kader partai berlogo Banteng moncong putih itu agar mendukung program ekonomi berdikari yang tengah digalakkan pemerintah.

Baca Juga:

PDIP Yakini Ilmu Pengetahuan dan Riset Sebagai Kunci Kemakmuran Negeri

"Intinya, seperti yang dikatakan Bung Karno dalam Trisakti-nya, kita harus berdikari di bidang ekonomi. Sehingga kita tidak mudah ditekan siapapun, negara manapun, dan kita harus mandiri secara politik berdaulat secara politik," kata Jokowi.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya berdikari secara ekonomi
Presiden Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin dan Megawati saat pembukaan Rakernas PDIP (MP/Ponco Sulaksono)

Jokowi menjelaskan, saat ini pemerintah tengah berusaha menjadikan Indonesia sebagai negara yang dikenal dengan hasil ekspor barang jadinya ke mencanegara.

Hal ini dilakukan dengan berbagai macam cara, termasuk melakukan riset dan penelitian agar hasil bumi nusantara bisa diekspor dalam bentuk barang jadi tanpa perlu diproses dulu di luar negeri kemudian diimpor ulang.

"Karena kita memiliki semua yang kita olah sendiri. Berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dan berkebudayaan. Itu yang diajarkan Bung Karno," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan partainya meyakini riset, inovasi, teknologi dan ilmu pengetahuan, merupakan kunci untuk memakmurkan Indonesia secara berdikari. Oleh karena itu, PDIP berkomitmen untuk mendorong agenda tersebut menjadi prioritas pemerintah melalui Rakernas.

"Rakernas I menggelar pameran tentang kekayaan pangan, bumbu-bumbuan, rempah, kekayaan hayati, berbagai aplikasi teknologi dan lain-lain, yang menunjukkan keyakinan partai bahwa Indonesia memiliki modal yang begitu besar untuk maju. Pameran terbuka untuk publik dari 10 Januari, jam 19.00 hingga Minggu 12 Januari 2020, jam 18:00," kata Hasto.

Baca Juga:

Ngobrol Santuy Minum Jamu Bersama Tokoh Muda Banteng, Kearifan Lokal Optimis Indonesia Maju

Hasto juga mengingatkan bahwa hari ini merupakan hari jadi partai yang ke-47. Menurut Hasto, PDIP telah melewati perjalanan yang panjang dengan pasang turun serta pasang naik yang mengembleng partai hingga hadir sebagai partai ideologis.

"Kokoh dalam Pancasila, bersyukur dan merawat kebinekaan Indonesia, dan terus berjuang menghadirkan politik yang membumi dengan hadir, menyatu, menangis dan tertawa bersama rakyat," pungkas alumnus UGM ini.(Pon)

Baca Juga:

Kader Tolak Dukung Pasangan Purnomo-Teguh, DPC PDIP Solo Belum Berani Berikan Sanksi

#Rakernas PDIP #Presiden Jokowi #PDI Perjuangan #Hasto Kristiyanto
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan