Pidato di Kongres Diaspora, Obama Ungkap Kerinduannya Tinggal di Indonesia

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Sabtu, 01 Juli 2017
Pidato di Kongres Diaspora, Obama Ungkap Kerinduannya Tinggal di Indonesia
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama melambaikan tangan saat akan memberi sambutan pada acara Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Jakarta, Sabtu (1/7). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan pidato dalam pembukaan Kongres "Indonesian Diaspora Network Global" (IDNG) di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7).

Kedatangan Obama disambut meriah tepuk tangan dari para tamu dan peserta Kongres Indonesia Diaspora ke-44.

Dalam kesempatan itu, Obama berkesempatan menjadi pembicara dan bercerita bahwa dirinya sewaktu kecil bersama dengan ibu dan ayah tirinya sempat tinggal di Menteng Dalam, Jakarta Pusat.

"Rindu pada masa-masa tinggal di Menteng Dalam," kata Obama.

Obama juga menceritakan kunjungannya ke sejumlah kota di Indonesia beberapa waktu lalu untuk berwisata di Pulau Dewata Bali, Candi Prambanan dan Candi Borobudur Yogyakarta.

Menurutnya, ketika berkunjung ke sejumlah tempat wisata tersebut banyak warga yang menyapa dirinya dan menawarkan beberapa makanan khas Indonesia.

"Pak Nasi Goreng, sate, es kelapa muda," ungkap Obama.

Kongres Diaspora Indonesia dihadiri oleh 9.000 orang dari 55 negara seluruh dunia.

Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Kasablanka Hall pada 1-4 Juli 2017 itu menghadirkan 42 pembicara dalam 12 sesi berbeda dan mengambil tema "Bersinergi Bangun Negeri".

Diaspora Indonesia sendiri ialah orang yang berdarah Indonesia yang tinggal, bekerja, belajar di luar wilayah Indonesia. Sepanjang hatinya ada kecintaan atau kedekatan pada Indonesia, maka ia adalah anggota diaspora Indonesia.

Kongres Diaspora Indonesia itu juga dihadiri oleh pejabat-pejabat tinggi negara seperti Setya Novanto, Fadli Zon, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (Pon)

#Kongres Diaspora Ketiga #Diaspora Indonesia #Diaspora #Barack Obama
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan