Merawat Ingat

Piala Presiden Lahir karena Kekosongan Kompetisi

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 30 Agustus 2022
Piala Presiden Lahir karena Kekosongan Kompetisi
Persib menjadi juara piala presiden 2015. (persib.co.id)

PIALA Presiden pada saat itu diadakan untuk mengisi jadwal kompetisi yang kosong. FIFA saat itu menjatuhkan sanksi kepada PSSI, alasannya karena memiliki masalah dualisme dalam organisasi. Ini yang kemudian membuat sepakbola di Indonesia tidak bergulir. Untuk tetap menjaga atmosfer kompetisi maka lahirlah turnamen mini pada 30 Agustus 2015 yaitu Piala Presiden.

Dilansir bolasport.com, pada saat itu tak hanya lahir Piala Presiden namun adapula Piala Jendral Sudirman. Kedua turnamen ini diselenggarakan oleh pihak swasta demi menggerakan ekonomi di sektor sepak bola. Piala Presiden sebelumnya hadir untuk menggantikan Liga Super Indonesia.

Pada Piala Presiden pertama, Persib Bandung berhasil keluar sebagai juara pertama dan sekaligus juara perdana. . Saat itu di final mempertemukan tim besar, Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (18/10/2015).

Tim yang memiliki julukan Maung Bandung ini berhasil mengalahkan Laskar Wong Kito dengan skor 2-0 tanpa balas. Dua gol itu dicetak oleh Ahmad Jufrianto dan Makan Konate.

Baca Juga:

Majalah Sastra Horison Beralih ke Online

piala
Arema FC berhasil menjuarai Piala Presiden 2022. (instagram@pialapresiden)

Hingga saat ini turnamen pramusim sudah menjadi sebuah turnamen bergengsi di antara klub-klub yang mengikutinya. Tetapi ada beberapa klub yang menjadikan Piala Presiden menjadi ajang mencoba para pemain, khususnya pemain muda yang minim mendapatkan jam terbang.

Akhinya pada 13 Mei 2016 FIFA mencabut sanksi kepada PSSI. Setelah menggelar sidang pada kongres ke-66 di Meksiko, dan mengambil keputusan sementara kompetisi liga 1 dapat bergulir kembali setelah satu tahun terkena sanksi larangan menyelenggarakan kompetisi.

Setelah liga 1 dimulai kembali. Piala Presiden tetap ada menjadi sebuah turnamen pramusim sebelum menjelang dimulainya liga yang resmi. Sampai dengan saat ini Piala Presiden sudah sebanyak 5 kali di gelar. Sudah ada beberapa klub yang menjuarai turnamen pramusim tersebut seperti.

Tim yang pernah menjuarai Piala Presiden

Persib Bandung – 2015

Arema FC – 2017

Persija Jakarta – 2018

Arema FC – 2019

Arema FC – 2022

Kita semua berharap agar turnamen pramusim dapat melahirkan bibit pemain muda yang baru dan memiliki kualitas. Sehingga dapat memajukan sepakbola Indonesia. (den)

Baca Juga:

Livery 125 Tahun Mercedes di Dunia Balap

#Merawat Ingat
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan