Piala Dunia U-20, Solo Butuh Rp29 Miliar untuk Penataan Kawasan PKL Kawasan Selter PKL Manahan Solo yang akan dilakukan penataan untuk menyambut Piala Dunia U-20, Selasa (7/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah memperlukan dana senilai Rp29 miliar untuk penataan kawasan pedagang kaki lima (PKL) di kompleks Stadion Manahan. Penataan diperlukan untuk mempercantik kompleks Stadion Manahan sesuai arahan PSSI dan FIFA dalam menyambut Piala Dunia U-20 2021.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, penataan PKL akan dilakukan agar tidak mengganggu jalannya gelaran Piala Dunia U-20. Kondisi saat ini, kompleks Stadion Manahan bagian luar terdapat ratusan selter PKL sehingga perlu dilakukan penataan.

Baca Juga:

Alasan Menpora Belum Ajukan Rencana Anggaran Piala Dunia U-20

"Total ada sebanyak 160 pedagang yang setiap hari berjualan di selter PKL Manahan, kompleks Stadion Manahan Solo. Berjualan dari pagi sampai malam. Piala Dunia nanti PKL tidak boleh berjualan sesuai arahan FIFA," kata Rudy.

Namun, ia belum mengetahui kapan sterilisasi mulai diberlakukan di kawasan kompleks Stadion Manahan Solo. Penataan Selter PKL Manahan yang berlokasi di Jalan KS Tubun dan Jalan Menteri Supeno membutuhkan anggaran senilai Rp29 miliar.

 Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

"Dana tersebut cukup besar sehingga Pemkot Solo tidak mungkin menggunakan APBD saja. Kalau bisa juga didukung anggaran dari pusat atau Pemprov Jawa Tengah," tutur dia.

Ia berharap, penataan kawasan selter PKL Manahan segera dikerjakan mengingat gelaran Piala Dunia U-20 tinggal beberapa bulan lagi. Kalau dikerjakan secepatnya, pada awal tahun depan sudah selesai.

Baca Juga:

Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Sediakan Dua Cadangan Lapangan Latihan

Diketahui, selter PKL Manahan dibangun saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo sebagai solusi penataan kawasan olahraga kompleks Stadion Manahan. Ratusan pedagang kaki lima yang semula berjualan tidak beraturan kemudian ditempatkan di sisi barat dan utara dengan dibuatkan selter PKL Manahan dan eksis sampai sekarang.

Diberitakan sebelumnya, PSSI telah mengumumkan enam venue Piala Dunia U-20 pada 2021. Keenam stadion tersebut, yakni Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten Wayan Dipta Bali. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-20 Tampil Maksimal di Piala Dunia U-20


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH