Piala Dunia U-20 di Solo, Iwan Bule Puji Kualitas Stadion Manahan Tak Kalah dari GBK Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule di Stadion Manahan Solo, Minggu (9/2). (MP/Ismail

MerahPutih.Com - Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule menegaskan kualitas Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah hampir sama dengan Gelora Bung Karno (GBK) sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 2021 yang sudah 100 persen siap digunakan.

Hal itu diungkapkan Iwan Bule usai melakukan inspeksi di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah bersama Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, Minggu (9/2).

Baca Juga:

Piala Dunia U-20 di Solo, Ketum PSSI Soroti Kualitas Rumput dan Ruang Ganti Pemain

Sebelumnya, Ketum PSSI juga melakukan inspeksi di lima lapangan pendamping latihan tim Piala Dunia U-20 di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/2).

Iwan Bule puji kualitas Stadion Manahan Solo salah satu venue Piala Dunia U-20
Ketua Umum PSSI, Iwan Bule dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (9/2). (MP/Ismail)

Kelima lapangan pendamping untuk latihan peserta Piala Dunia U-20, yakni yakni Stadion Sriwedari, Lapangan Kotabarat, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Karangasem, dan Lapangan Sriwaru.

"Kami ucapkan terima kasih pada Wali Kota Solo yang telah mempersiapkan venue Piala Dunia U-20 dengan baik. Stadion Manahan bagus hampir sempurna," ujar Iwan kepada awak media termasuk merahputih.com di Solo.

Iwan mengungkapkan Stadion Manahan juga dilengkapi fasilitas jacuzzi atau kolam air hangat. Ruang ganti pemain, kamar mandi, ruang wasit, tempat pemanasan pemain, dan ruang official juga bagus. Tak hanya itu saja, lanjut dia, kursi penonton juga single site sudah berstandar FIFA. Hal lain yang menjadi catatan PSSI adalah lima lapangan pendamping masih banyak yang harus diperbaiki.

"Saya pikir soal masalah lapangan pendamping sama dengan di kota lain yang ditunjuk FIFA menjadi venue Piala Dunia U-21. Untuk stadion utama pertandingan Stadion Manahan hampir sama bagusnya dengan GBK," papar dia.

Stadion Manahan Solo jadi salah satu venue Piala Dunia U-20
Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah menjadi venue Piala Dunia U-20 pada 2021, Minggu (9/2). (MP/Ismail)

Dia berharap kekurangan di lapangan pendamping segera diperbaiki. PSSI juga memberikan imbauan pada suporter di Solo agar ikut menjaga kepercayaan FIFA yang telah menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Suporter tolong dijaga kepercayaan pihak FIFA pada kita. Belum tentu dapat kesempatan lagi. Jangan sampai kena sanksi gara-gara olah suporter," kata dia.

Baca Juga:

HUT ke-20 Pasoepati, Persis Solo Adakan Uji Coba dengan Persib Bandung

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyarmo, mengaku sudah berkoordinasi dengan pusat terkait renovasi lima lapangan pendamping latihan pemain peserta Piala Dunia U-20. Pemkot telah siapkan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL- UPL), dan Amdal lalin.

"DED (Detail Engineering Design) nanti pusat. Anggaran renovasi beraumber APBN," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

FIFA Tolak Permohonan PSSI, Laga Timnas Indonesia vs UEA Tetap Tanpa Penonton



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH