Piala Dunia U-17 Tarik 4,5 Juta Wisatawan Berkunjung ke Solo

Mula AkmalMula Akmal - Sabtu, 25 November 2023
Piala Dunia U-17 Tarik 4,5 Juta Wisatawan Berkunjung ke Solo
Pemain Ekuador di Masjid Zayed Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mencatat sebanyak 4,5 Juta wisatawan telah berkunjung ke Kota Solo sampai pertengahan bulan November 2023.


Salah satu yang menjadi daya tarik wisata saat momen Piala Dunia U-17 di Solo yang berlangsung 10 November sampai 2 Oktober 2023.

Baca Juga:

Kaesang Ajak Gibran Rakabuming Masuk PSI


Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Gembong Hadi Wibowo, menjelaskan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung hingga November tahun ini sebetulnya sudah melampaui target.


Meskipun demikian promosi wisata harus dilakukan untuk memeriahkan Piala Dunia U-17 yang sudah masuk babak semi final.


“Sudah ada 4,5 juta wisatawan yang mengunjungi Solo. Dari jumlah itu, 18 ribu diantaranya merupakan wisatawan mancanegara,” kata Gembong, Sabtu (25/11).


Dia mengatakan bidang wisata pun menawarkan paket wisata yang bisa dinikmati wisatawan atau pengunjung Kota Solo. Para peserta hingga penonton diharapkan bisa menikmati paket wisata di Kota Solo.


"Pada Piala Dunia U-17 2023, kami menyelenggarakan Tour. Penyelenggaraannya memang masih terbatas pada panitia atau Organizing Committee,” katanya.

Baca Juga:

Erick Thohir Klaim Penonton Piala Dunia U-17 di Stadion Lewati Target FIFA

Dia mengatakan sejumlah pemain dan official Ekuador juga tertarik berwisata di Masjid Zayed Solo. Selain itu, pemain timnas peserta Piala Dunia U-17 juga asik berlibur bermain ke mal.


“Paket-paket wisata yang telah disiapkan untuk para pengunjung Piala Dunia U-17 2023 ini tak hanya menyasar destinasi-destinasi di Kota Solo, tetapi juga wilayah lainnya di area Solo Raya,” papar dia.


Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Solo, Mirza Ananda, menjelaskan empat paket wisata khusus bagi warga negara Asing (WNA) untuk menyambut tamu-tamu mancanegara selama Piala Dunia U-17 2023.


"Kami menyajikan beberapa wisata alam di kawasan Solo Raya. Yang pertama ialah paket wisata View From The Top,” kata Mirza.


Dia mengatakan wisman Piala Dunia U-17 juga siap diajak ke Boyolali, tepatnya di sekitar Gunung Merapi dan Merbabu. Selain itu, berkunjung di destinasi-destinasi wisata sejarah di Solo.


“Ada juga wisata di lereng Gunung Lawu menikmati suasana alam pegunungan naik Jeep,” pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Gerindra Wajibkan Calegnya Pasang Baliho Prabowo-Gibran

#Solo #Piala Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan