Piala Dunia 2018 Catat Rekor Keikutsertaan Negara Jazirah Arab Terbanyak Sepanjang Masa Timnas Arab Saudi merayakan kemenangan atas timnas Thailand dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia. (AFP)

TAMPIL pada ajang sepak bola bergengsi Piala Dunia tentu menjadi idaman setiap negara, termasuk negara-negara Arab. Menariknya, pada Piala Dunia 2018 merupakan kali pertama terdapat empat negara kawasan jazirah Arab menjadi peserta. Negara-negara itu, Arab Saudi, Tunisia, Maroko, dan Mesir.

Pada Piala Dunia 2014 di Brazil, hanya Aljazair menjadi wakil negara kawasan Arab yang berhasil lolos. Nasib Aljazair pun hanya sampai 16 besar sebelum akhirnya dilumat juara bertahan Jerman.

Berdasarkan catatan sejarah Piala Dunia, keikutsertaan negara-negara Arab tertinggi terjadi di Piala Dunia 1986 dan 1998, diikuti tiga negara kawasan Arab.

Dalam Piala Dunia 1986, negara Arab yang menjadi wakil adalah Aljazair, Irak, dan Maroko; sedangkan dalam Piala Dunia 1998 adalah Arab Saudi, Maroko, dan Tunisia.

Meski demikian, negara-negara dari kawasan tersebut paling banyak malang-melintang di Piala Dunia, tak lain Arab Saudi, Maroko, dan Tunisia, dengan masing-masing telah mengikuti hingga lima kali dari penyelenggaraan Piala Dunia selama ini.

Satu negara lainnya lolos ke Piala Dunia 2018, Mesir, telah lolos babak kualifikasi hingga sebanyak tiga kali Piala Dunia, hanya di bawah Aljazair, sudah mengikuti empat kali Piala Dunia. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH