Phubbing, Perilaku Mengabaikan Orang Karena Ponsel Kenali perilaku phubbing yang kerap terjadi di kota-kota besar (Foto: pixabay/nastya_Gepp)

DI era digital yang serba canggih ini, banyak aktivitas bisnis, pendidikan, hingga pertemanan yang bisa dilakukan hanya dari genggaman tangan lewat ponsel. Entah dari aplikasi, website, dan sebagainya.

Tak ayal bila banyak orang yang kerap kali sangat fokus dengan ponselnya, hingga mengabaikan lawan bicaranya. Bahkan banyak yang bilang tongkrongan sudah 'enggak asik' karena banyak yang terpaku dengan ponsel ketika berkumpul dibanding berbincang.

Baca Juga:

Samsung Dilarang Jual Ponsel di Rusia, Ada Apa?

Rupanya istilah itu disebut juga phubbing atau phone snubbing. Phubbing pertama kali di perkenalkan oleh biro iklan Australia di 2012, untuk menggambarkan seseorang yang sangat terpaku pada ponsel, alih-alih berinteraksi dengan lawan bicaranya.

Perilaku phubbing bisa dianggap kasar dan tidak sopan (Foto: pixabay/j-shoots.com

Perilaku phubbing dianggap kasar, tidak sopan, menyinggung, hingga merusak kepercayaan orang lain yang bertemu dengannya.

Seperti yang dikutip dari laman Alodokter, phubbing bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti kecanduan media sosial, kurangnya kontrol diri, serta perasaan takut ketinggalan (FOMO).

Kebiasaan tersebut terbentuk seiring dengan berkembangnya teknologi, yang memungkinkan semua orang bisa mengakses hiburan serta informasi hanya dengan ponsel.

Sebuah penelitian menunjukan, bahwa phubbing bisa merusak hubungan atau relasi. Dalam hal ini, baik dari konteks hubungan romantis, keluarga, pertemanan, hingga pekerjaan. Hal itu lantaran perilaku phubbing akan menggangu percakapan, yang bisa berujung pada kesalahpahaman antar individu.

Bicara soal phubbing, ada sejumlah tanda bahwa seseorang melakukan phubbing. Pertama, meletakan ponsel disamping hidangan, ketika makan bersama kekasih, keluarga, teman, atau kolega, dengan tujuan berjaga-jaga bila adanya panggilan atua notifikasi.

Tanda kedua, yakni melakukan dua percapakan sekaligus, yaitu melalui sambungan telepon dan secara langsung. Sementara ketiga yaitu selalu memeriksa ponsel di mana pun dan kapan pun, terutama saat bersama orang lain

Sementara itu, phubbing juga menyebabkan dampak negatif, baik dalam hubungan hingga kesehatan mental. Seperti halnya merusak hubungan orang lain, dalam hal ini, saat kamu terus-menerus memeriksa, memainkan ponsel, hingga berkirim pesan dengan orang lain ponsel, tentu kamu merasa tidak nyaman, dan muncul perasaan tidak diperdulikan.

Selain itu, efek negatif dari phubbing yakni membuat seseorang merasa tidak dihargai kehadirannya, sehingga bisa merusak kualitas hubungan.

Phubbing memiliki dampak negatif (Foto: pixabay/natureaddict)

Bahkan, studi menemukan bahwa phubbing pun bisa menurunkan kepuasan dalam hubungan pernikahan dan pertemanan.

Baca Juga:

Bikin Adem Ponsel ketika Main Gim

Dalam suatu hubungan, phubbing bisa melunturkan perasaan empati dan kepercayaan, karena fokus dan perhatian seseorang teralihkan ke ponsel.

Meski hal tersebut terdengar sepele, tapi mendengarkan lawan bicara dengan seksama seraya menatap wajahnya, bisa menciptakan komunikasi yang utuh, guna mencegah terjadinya kesalahapahaman.

Untuk cara menghentikan perilaku phubbing, hubungan yang baik antar individu harus dipertahankan, begitu pun dengan kesehatan fisik serta mental.

Jangan sampai orang lain merasa diabaikan, sehingga menyebabkan hubungan berakhir, hanya gegara perilaku phubbing. Karena itu dibutuhkan cara untuk mengatasi perilaku phubbing, seperti menyimpan ponsel di dalam tas ketika sedang bersama orang lain, tantang diri sendiri, jadikan meja makan sebagai zona terlarang untuk memainkan ponsel, dan tingkatkan kontrol diri. (Ryn)

Baca Juga:

Game Lokal Hadir di PON Papua 2020

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tingkatkan Self-Esteem agar Pribadi Kamu Bisa Naik Kelas
Hiburan & Gaya Hidup
Tingkatkan Self-Esteem agar Pribadi Kamu Bisa Naik Kelas

Self-esteem bisa didefinisikan sebagai seberapa besar kamu menghargai dan menyukai diri sendiri.

Mgdalenaf Unjuk Gigi Bagikan Tips Menjadi Kreator Konten Kuliner
ShowBiz
Mgdalenaf Unjuk Gigi Bagikan Tips Menjadi Kreator Konten Kuliner

Siapapun bisa menjadi kreator konten kuliner.

Universitas Sebelas Maret Lahir dari Gabungan Lembaga Pendidikan Tinggi
Fun
Universitas Sebelas Maret Lahir dari Gabungan Lembaga Pendidikan Tinggi

Universitas Sebelas Maret salah satu universitas populer di Indonesia.

Lancar Memandikan Kucing Tanpa Dicakar
Fun
Lancar Memandikan Kucing Tanpa Dicakar

Perlu pengetahuan dan teknik khusus untuk menghindari cakaran saat memandikannya.

Ini Dampak Serangan Ransomware Bagi Organisasi Besar di Asia Pasifik
Fun
Ini Dampak Serangan Ransomware Bagi Organisasi Besar di Asia Pasifik

Penyerang ransomware biasanya meminta tebusan yang tinggi.

Tips Jitu Bangun Citra Diri dengan Personal Branding
Fun
Tips Jitu Bangun Citra Diri dengan Personal Branding

Dengan mengaplikasikan personal branding yang tepat, orang-orang pun akan melihat kita sebagai pekerja yang profesional.

Camilan Enak Pengusir Kebosanan
Kuliner
Camilan Enak Pengusir Kebosanan

Cita rasa tradisional yang favorit banget.

4 Kesalahan dalam Menggunakan Kondom
Fun
4 Kesalahan dalam Menggunakan Kondom

Perhatikan juga lingkungan tempat menyimpan kondom

Barack Obama Rayakan 60 Tahun dengan Berdansa Semalaman
ShowBiz
Barack Obama Rayakan 60 Tahun dengan Berdansa Semalaman

Perayaan ulang tahun Barack Obama hanya dengan pesta kecil karena pandemi yang kembali mengkhawatirkan.

SpaceX Kirim Semut ke Luar Angkasa
Fun
SpaceX Kirim Semut ke Luar Angkasa

Apa yang ingin dilakukan SpaceX terhadap semut tersebut?