PHRI: Kedatangan Raja Salman ke Bali Bakal Mendongkrak Turis Arab

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Selasa, 07 Maret 2017
PHRI: Kedatangan Raja Salman ke Bali Bakal Mendongkrak Turis Arab
Kapal pesiar Pacific Dawn di kawasan perairan Benoa, Badung, Bali. (FOTO Antara)

Kedatangan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz al-Saud ke Pulau Bali bakal mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara atau turis dari Timur Tengah atau Arab berkunjung ke daerah tersebut. Hal ini diyakiti oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Bali Cokorda Oka Ardana Sukawati.

Pria yang akrab dipanggil Cok Ace ini juga mengungkapkan, pelaku pariwisata di Bali juga telah melakukan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan wisatawan atau turis Arab dan Timur Tengah, mengingat selama ini banyak terkendala perbedaan budaya.

Dengan kedatangan Raja Salman di Bali hingga memperpanjang masa liburannya, Cok Ace menilai ini akan mengubah peta kunjungan wisatawan atau turis Arab dari Timur Tengah yang selama ini lebih banyak mengincar destinasi lain seperti Singapura, Malaysia dan Hong Kong.

Promosi tersebut diharapkan menjadi peluang besar bagi Bali untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan dari negara-negara Timur Tengah.

Wisatawan dari Timur Tengah, lanjut mantan Bupati Gianyar itu, termasuk wisatawan kelas menengah ke atas karena memiliki daya beli yang tinggi untuk sekali kunjungan per-orang yang mencapai kisaran 2.400 hingga 3.000 dolar AS.

Jumlah itu jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata wisatawan mancanegara umumnya mencapai 1.200 dolar AS dan lama tinggal mencapai rata-rata sekitar tujuh hingga delapan hari.

Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali Ketut Ardana menambahkan, Pulau Dewata mengakomodasi kebutuhan wisatawan mancanegara dari semua negara.

"Bali cocok untuk wisatawan dari negara mana saja karena Bali selain ikonnya pariwisata budaya, tetapi juga menyediakan berbagai aktivitas wisata," papar Ardana.

Menurut Ardana, Bali mengakomodasi aktivitas wisata mulai dari wisata petualangan, wisata air, spiritual, yoga, spa, kuliner, seni, MICE atau "meeting, incentive, conference and exhibition" serta minat khusus lainnya.

Bali juga mampu memenuhi kebutuhan wisatawan beragam usia mulai dari generasi muda hingga pensiunan atau "retired tourists".

Kedatangan Raja Salman di Bali diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan, khususnya dari Timur Tengah apalagi akses penerbangan langsung menuju Bali telah dibuka dua maskapai internasional seperti Qatar dan Emitares.

#Wisata Bali #Perseden Denpasar #Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan