Photobook WJSN Dituduh Mirip Album BTS

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 09 Juli 2020
Photobook WJSN Dituduh Mirip Album BTS
Photobook dari WJSN, yang hitam 'PERSONA_ON' dan satunya 'EGO_OFF'. (Foto: allkpop.com)

PADA 7 Juli 2020, Starship entertainment merilis photobook dari WJSN atau wujusonye. Sayangnya, bukannya disambut gembira, photobook tersebut malah ditanggapi negatif oleh para ARMY, sebutan untuk penggemar BTS dan UJUNG, sebutan untuk penggemar WJSN. Dua penggemar tersebut menganggap jika Photobook WJSN meniru album BTS.

WJSN merupakan girlband asuhan Starship entertainment. Mereka debut pada 2016 dan photobook yang menjadi perbincangan adalah photobook pertama grup ini. Senior mereka, Monsta X juga mengeluarkan photobook. Namun, Monsta X tidak mendapatkan masalah seperti WJSN.

Baca juga:

Mengenal Danha, Desainer Kostum Hanbok yang Dipakai BLACKPINK dalam ‘How You Like That’

Album foto dari girlgroup ini dianggap memiliki konsep yang sama dengan album BTS. Nama photobook ini sendiri ON&OFF, dengan penjelasan PERSONA: ON dan EGO: OFF. Keduanya muncul dalam dua konsep yang berbeda satu sama lain. Namun, tidak untuk album BTS.

Photobook WJSN dikatakan mirip dengan album BTS. (Foto: koreaboo.com)
Photobook WJSN dikatakan mirip dengan album BTS. (Foto: koreaboo.com)

Bagi kamu yang mendengarkan lagu-lagu BTS pasti tahu kalau Boy with Luv merupakan lagu yang ada di dalam album Map of the Soul: Persona. Intronya memiliki judul Persona dan di Map of The Soul: 7 terdapat Outro: Ego. Hal ini lah yang menjadi masalah bagi ARMY ataupun UJUNG.

BTS merupakan boyband yang namanya sudah besar. Tidak heran, jika ada orang-orang yang langsung mengenali kesamaan konsep keduanya. Konsep photobook itu tidak berhenti di nama saja. Namun, garis-garis putih sebagai cover EGO: OFF juga mirip dengan konsep Persona yang minimalis dengan garis putih.

Baca juga:

Sempat Ditunda, Video Klip ’Monster’ Irene dan Seulgi Red Velvet Akhirnya Rilis

Hal yang membuat ARMY semakin marah adalah EGO: OFF memiliki warna yang mirip dengan album Jepang BTS Light, yaitu biru dan kuning. Versi PERSONA: ON mungkin tidak begitu banyak dikritik.

Kemiripan konsep dengan garis-garis putih. (Foto: ibighit.com)
Kemiripan konsep dengan garis-garis putih. (Foto: ibighit.com)

Konsep PERSONA dan EGO sebenarnya terinspirasi dari psikologi analitik milik Carl Jung. Namun, untuk keduanya memiliki kemiripan yang begitu banyak, Starship dapat dikatakan meniru konsep album Map of The Soul BTS.

Padahal photobook ini merupakan yang pertama bagi girlgroup yang dengan nama Inggris Cosmic Girl. Mereka biasa menampilkan konsep yang unik. Seperti namanya, mereka seringkali menampilkan konsep planet dengan Music Video yang menunjukan kekuatan para anggota.

Starship belum memberikan klarifikasi apapun. ARMY juga kebanyakan tidak menyalahkan WJSN karena kemiripan konsep. Photobook ini sendiri akan rilis pada 12 Juli 2020. (May)

Baca juga:

Donnie Yen Siap Beraksi di Film Live-Action ‘Sleeping Dogs’

#BTS
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan