Phonesoap, Inovasi Pensteril Gawai Phonesoap diklaim bisa mensterilkan gawaimu. (foto: Instagram @phonesoap)

KEBERSIHAN jadi hal yang wajib jadi perhatian kamu di masa kenormalan baru ini. Tak hanya tangan, benda-benda yang acap kamu sentuh harus dijaga kebersihannya. Papan ketik komputer, laptop, hingga ponsel jangan luput dari operasi pembersihan.

Jika tangan bisa kamu bersihkan dengan air dan sabun, bagaimana dengan ponsel dan gawai lainnya? Sebuah inovasi bernama phone soap disebut bisa membersihkan ponselmu. Meski phone soap sedang populer, apakah pembersih ini benar-benar mampu membunuh kuman di ponsel?

BACA JUGA:

Cegah COVID-19, Tokyo Bayar Klub Malam Supaya Tutup

Dilansir HuffPost, Phonesoap merupakan perangkat yang menggunakan lampu UV-C untuk membersihkan ponsel kapan pun dan di mana pun. Kamu cukup memasukkan ponsel ke perangkat tersebut. Tidak hanya ponsel, AirPods, kartu kredit, atau barang-barang yang berukuran kecil lainnya dapat juga dibersihkan dengan alat itu.

Hanya butuh 10 menit utuk menetralkan kuman yang menempel. Gelombang UV-C yang berlangsung dalam waktu lama akan membantu membunuh virus yang ada di dalam udara tanpa merusak bagaian gawai. Hal itu menjadi solusi untuk membabat habis virus di dalam udara yang biasanya ada di ruang publik.

phonesoap
Mensterilkan dala 10 menit. (foto: Instagram @phonesoap)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Discovery Channel, Phonesoap dapat membunuh semua kuman yang ada di dalam ponselmu. Satu perangkat alat ini dijual seharga US$80 atau Rp1,2 juta rupiah. Solusi lain untuk membersihkan gawaimu ialah menggunakan alkohol atau dengan air sabun hangat. Ingat ya, lakukan dengan hati-hati. Lakukan pembersihan secara rutin agar gawaimu tidak menjadi sarang kuman.(ren)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini