PHE Abar Mulai Pengeboran di Laut Lepas Pantura P?eresmian Shorebase Cirebon di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Kamis (12/10). (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Abar mengumumkan akan memulai pengeboran sumur eksplorasi Karunia-1X di lepas pantai utara Jawa Barat. Hal ini sebagai langkah agresif PT Pertamina (Persero) dan anak usahanya di sektor hulu untuk mendapatkan cadangan dan menggenjot produksi.

Pertamina (persero) melalui Pertamina Hulu Energi Abar (PHE ABAR) sebagai salah satu anak perusahaan Pertamina Hulu Energi (PHE) mendapatkan kepercayaan pengelolaan blok Abar pada tanggal 22 Mei 2015.

"Shorebase Cirebon dipergunakan PHE Abar untuk mendukung kegiatan pemboran sumur Karunia 1X yang akan berlangsung selama bulan Oktober sampai Januari," ungkap Theodorus Duma, General Manager PHE Abar seusai peresmian Shorebase Cirebon di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Kamis (12/10).

Di bawah pengawasan SKK Migas, PHE Abar mempunyai komitmen pasti untuk mengoptimalkan kinerja dalam tiga tahun pertama masa eksplorasi.

“Komitmen pasti ini terdiri dari pekerjaan G & G, akuisisi dan processing seismic 2 D, dan pemboran satu sumur eksplorasi,” tegas Duma,

Bila langkah PHE Abar mengebor Sumur Karunia-1X membuahkan hasil, tentu akan makin menambah cadangan Migas Pertamina yang pada gilirannya akan semakin memperkuat ketahanan energi Indonesia. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pengamat Migas Tantang Pemerintah Hapus BBM Premium, Tahu Kenapa?


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH