PFI akan Gelar Program Pelatihan Foto Jurnalis, Mau Ikutan?

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 07 Juli 2020
PFI akan Gelar Program Pelatihan Foto Jurnalis, Mau Ikutan?
program pelatihan XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020.

BEKERJASAMA dengan XL Axiata, Organisasi kewartawanan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat berencana mengadakan program pelatihan XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020. Program ini difokuskan untuk pengembangkan pendidikan fotojurnalis muda di Indonesia dalam merencanakan dan menyusun foto-foto liputan.

Berdasarkan rilis yang diterima Merahputih.com, Ketua PFI Pusat Reno Esnir menjelaskan acara ini merupakan wujud perhatian sekaligus kewajiban PFI terhadap perkembangan dunia pendidikan foto jurnalistik tanah air.

"Memang salah satu concern kita pada kepengurusan PFI 2019-2022 ini adalah tentang pendidikan foto, dan semoga ini menjadi sebuah titik awal bangkitnya dunia pendidikan fotojurnalistik," jelas Reno.

Baca juga:

TikTok Hengkang dari Hong Kong

Nantinya acara ini akan didukung mentor-mentor berpengalaman. Programnya juga matang karena sudah direncanakan jauh hari oleh PFI Pusat. "Tim kami dalam beberapa bulan terakhir ini membahas banyak mengenai regulasi, materi ajar, mentor, tim seleksi, dan sistem yang akan dipakai," kata jurnalis Antara ini.

endaftaran akan ditutup tanggal 11 Juli (Foto: Ist)
endaftaran akan ditutup tanggal 11 Juli (Foto: Ist)

Pada rilis yang sama XL Axiata sebagai main partner sangat mendukung program ini. Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih berharap XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020 dapat meningkatkan keahlian dan kompetensi pewarta foto muda di Indonesia.

“Kami sangat senang dapat ikut memberikan dukungan kepada teman-teman PFI pada kegiatan mentoring fotojurnalistik ini," ujar Tri Wahyuningsih.

Baca juga:

Pamerkan Inovasi Terkini, DISRUPTO Fest 2020 Hadir Kembali

Salah satu contoh foto jurnalis (Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)
Salah satu contoh foto jurnalis (Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Program ini akan berlangsung secara virtual dan peserta terpilih bisa mengikuti kelas sebanyak 11 kali dari kota asal di seluruh Indonesia. Keseluruhan program ini berjalan selama kurang lebih dua bulan dan terbuka untuk mahasiswa, pewarta foto dan pewarta lepas di bawah usia 27 tahun.

Nantinya satu orang peserta terbaik akan mendapat gelar CommBank Most Valueble Photojournalist (MVP) serta mendapat grany personal photo project senilai Rp 5 juta. Seluruh peserta terpilih juga akan mendapat subsidi biaya liputan sebesar Rp 1 juta ditambah peralatan penunjang liputan.

Syarat dan formulir dapat diunduh di bio Instagram @pewartafotoindonesia dan harus dikirim sebelum tanggal 11 Juli 2020 pukul 20.00 WIB. Proposal terpilih akan diumumkan maksimal tanggal 16 Juli 2020. Program ini didukung penuh oleh XL Axiata, Pertamina, Commonwealth Bank, Pertamina Gas, Eiger, dan merahputih.com (Yni)

Baca juga:

Begini Caranya Lindungi Akun Gmail dari Peretas

#Juli MP X #Fotografi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan