Petugas Pemungutan Suara di Bandung Dapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 03 Desember 2023
Petugas Pemungutan Suara di Bandung Dapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan
berkaca pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, terdapat petugas penyelenggara pemilu yang jatuh sakit hingga meninggal

MerahPutih.com - Pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus merampungkan pencetakan dan distribusi logistik, termasuk pemenuhan SDM pemungutan suara di TPS.

Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, memberikan jaminan perlindungan sosial Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada petugas Pemilu 2024.

Baca Juga:

Gibran Ngaku Siap Ikut Debat Sesuai Aturan KPU

"Kebetulan di Kabupaten Bandung kita mendapatkan dukungan yang bagus dari pemerintah daerah, seluruh petugas pemilu diberikan BPJS Ketenagakerjaan," kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Syam Zamiat Nursyamsi di Kabupaten Bandung, Minggu (3/12).

BPJS tersebut nantinya akan diberikan kepada petugas ad hoc pemilu seperti panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) hingga petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di wilayah itu.

"Dan termasuk nanti KPPS juga akan diklaim BPJS Ketenagakerjaan. Tapi sementara itu belum diberikan karena KPPS-nya kan belum terbentuk,” katanya.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan pihaknya, tercatat sebanyak 1.010 orang PPK dan PPS yang mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan oleh pemerintah daerah.

"Kalau saya pikir ini dari KPU se-Indonesia, baru Kabupaten Bandung yang dapat dari pemerintah daerah memberikan klaim asuransi BPJS ini," katanya.

Ia mengapresiasi langkah ini, karena berkaca pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, terdapat petugas penyelenggara pemilu yang jatuh sakit hingga meninggal saat menjalankan tugas di lapangan.

"Bahwa program ini sudah terlihat jalan, karena kemarin ada dua orang petugas PPS meninggal dunia yang sudah mendapatkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.

KPU Kabupaten Bandung telah menetapkan sebanyak 11.034 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 31 kecamatan dengan tujuh daerah pemilihan (Dapil).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Selain itu, ada 9.917 orang calon legislator (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang masuk daftar calon tetap (DCT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan ribuan caleg DPRD tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Wapres Soroti Isu Kebocoran Data Pemilih di KPU

#Pemilu 2024 #Pilpres 2024 #KPU
Bagikan
Bagikan