Petugas KPPS Banyak yang Meninggal, Direktur Relawan TKN: Mereka Syahid Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI yang juga bakal calon Bupati Majalengka, Maman Imanulhaq. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Direktur Relawan TKN Jokowi-Amin, Maman Imanulhaq mengatakan, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia saat bertugas mengawal demokrasi sebagai syahid yang dijamin masuk surga.

"Mereka yang meninggal itu syahid karena berjuang dengan keras dan ikhlas mengawal demokrasi agar berjalan aman, transparan, serta adil," katanya seperti dilansir Antara, Jumat (26/4).

 Ketua Lembaga Dakwah PBNU yang juga bakal calon Wagub Jawa Barat, Maman Imanulhaq. Foto: MP/Mauritz
Ketua Lembaga Dakwah PBNU yang juga bakal calon Wagub Jawa Barat, Maman Imanulhaq. Foto: MP/Mauritz

Menurut Maman, para anggota KPPS hanya menginginkan proses yang baik menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang dapat mewujudkan kesejahteraan serta keadilan bagi masyarakat.

Dari data KPU per Kamis (25/4) pukul 18.00 WIB, anggota KPPS yang meninggal dunia bertambah menjadi 225, selain itu sebanyak 1.470 lainnya dilaporkan sakit.

Kang Maman melanjutkan bahwa semua relawan Jokowi-Amin merasa prihatin dengan banyaknya anggota KPPS yang tertimpa musibah, baik wafat maupun sakit.

"Kami sangat prihatin dan mendoakan agar mereka dapat rahmat dan maghfirah Allah. Dengan adanya 1.695 petugas KPPS yang terkena musibah adalah jumlah yang sangat besar," tuturnya.

Politikus PKB itu juga mendorong agar Pemerintah memberi santunan dan perhatian kepada keluarga mereka.

Kang Maman menambahkan, menurut KPU, anggota KPPS yang meninggal maupun sakit sebagian besar disebabkan karena kelelahan dan kecelakaan.

KPU berencana memberikan santunan kepada keluarga KPPS yang meninggal dunia dan anggota yang sakit. (*)

Baca Juga: Atasi Banjir Kiriman di Jakarta Anies Bakal Bangun Kolam Retensi



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH