Petugas Evakuasi 140 Wisatawan Saat Menuju ke Kepulauan Seribu

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 04 Mei 2022
Petugas Evakuasi 140 Wisatawan Saat Menuju ke Kepulauan Seribu
Kapal Motor Bina Karya setelah dievakuasi ke Dermaga Kali Adem setelah mengalami kerusakan kemudi ketika dalam pelayaran menuju Pulau Pramuka, di Jakarta Utara, Rabu (4/5/2022). ANTARA/HO-Polsek Sunda

MerahPutih.com - Kapal Motor Bina Karya tujuan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu kembali Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara, karena mengalami kerusakan. Kapal tersebut membawa ratusan wisatawan dan warga.

"Kapal motor Bina Karya dievakuasi dan ditarik kembali menuju Dermaga Kali Adem menggunakan kapal kerja milik Dinas Perhubungan DKI," kata Kepala Polsek Kawasan Sunda Kelapa Komisaris Polisi Seto Handoko di Jakarta, Rabu (4/5).

Baca Juga:

Sandiaga Optimistis Ekonomi Indonesia Bisa Bangkit dari Sektor Pariwisata

Dia menjelaskan kerusakan kemudi itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, ketika kapal sedang berlayar menuju Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Saat itu, kapal tersebut baru sampai di sekitar pulau reklamasi, yakni Pulau G.

Kapal yang mengalami kerusakan kemudi itu kemudian dibantu oleh Kapal Kerja Dinas Perhubungan DKI untuk ditarik ke dermaga asal yakni Dermaga Kali Adem.

"Untuk penumpang saat ini masih menunggu kapal pengganti yang akan memberangkatkan kembali ke Pulau Pramuka," tutur Seto.

Dia menjelaskan pemilik kapal menyiapkan dua kapal pengganti, yakni KM Raksasa dan KM Pesona Alam. Tercatat, kapal mengangkut 140 orang wisatawan dan warga.

Baca Juga:

Warga Padati Tempat Wisata di Jakarta

"Untuk keberangkatannya masih menunggu di antara dua kapal alternatif yang disiapkan, kapal mana yang sandar lebih dahulu untuk membawa penumpang dari KM Bina Karya," ucapnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang dampak dari insiden itu, pihaknya melakukan pengawasan agar situasi pelayaran menuju Pulau Seribu tetap kondusif.

"Meningkatnya masyarakat yang akan berwisata ke Pulau Seribu, Polsek Kawasan Sunda Kelapa tetap mengawasi agar situasi tetap kondusif," ujar Seto dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

Pengelola Wisata Diminta Ketatkan Penerapan Protokol Kesehatan

#Ramadan #Lebaran #Idul Fitri #Mudik
Bagikan
Bagikan