Layani Penumpang, Awak Kabin Qatar Airways Kenakan APD Lengkap Awak Qatar Airways dilengkapi APD dan pelatihan seputar penyebaran COVID-19.(Foto: welcomeqatar)

WARGA dunia menuju kenormalan baru sejalan dengan pelonggaran lockdown di sejumlah negara. Penerbangan pun mulai dibuka. Namun, semuanya dilakukan dengan tetap memperhatikan prosuder keselamatan COVID-19.

Salah satu contohnya ialah awak kabin di dalam penerbangan Qatar Airways. Mereka mengenakan setelan alat pelindung diri dari bagian kepala sampai ujung kaki di dalam penerbangan Qatar Airways. Alat pelindung diri lengkap dengan kacamata pengaman itu dikenakan saat berada dalam pesawat.

Baca juga:

Penerbangan Internasional Mungkin Tidak akan Normal Hingga Tahun 2023

Jas pelindung dikenakan sebagai tambahan dari sarung tangan dan masker yang dikenakan awak kabin selama beberapa minggu terakhir. Demikian diumumkan pihak maskapai dalam siaran pers minggu ini. Selain peralatan pelindung baru, para awak kabin pun telah menjalani pelatihan tentang cara meminimalkan peluang mereka dari penularan atau penyebaran COVID-19. Mereka menerapkan proses penyaringan suhu termal sebelum lepas landas dan setelah kedatangan. Jika ada kolega atau penumpang yang menunjukkan gejala atau hasil tes positif terhadap virus, awak kabin juga akan dikarantina dan diuji.

1
Keselamatan jadi prioritas nomor satu (Foto: insider)

Ketua Eksekutif Grup Qatar Airways, Akbar Al Baker, dalam sebuah pernyataan mengatakan pihaknya mempertahankan standar kebersihan tertinggi untuk memastikan bahwa mereka dapat mengantarkan orang ke destinasi dengan aman selama waktu ini. "Kami juga memberikan jaminan yang lebih besar bahwa keselamatan menjadi prioritas nomor satu kami," terangnya.

Maskapai dengan jaringan internasional terbesar di dunia ini mengoperasikan penerbangan ke lebih dari 30 tujuan di seluruh dunia. Langkah-langkah keamanan dalam kabin itu akan membantu dalam mencapai tujuan mereka. Al Baker menambahkan, mereka akan menumbuhkan jaringan mereka lagi dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga:

6 Negara Ini Menerapkan Wajib Karantina 14 Hari untuk Pelancong yang Datang

2
Mereka juga melewati proses penyaringan suhu termal. (Foto: nypost)

Meskipun APD lengkap untuk awak kabin tidak banyak, Qatar Airways bukan maskapai pertama yang menerapkannya ke kabin. Sejak bulan lalu, AirAsia dan Phillipine Airlines telah memperkenalkan setelan APD khusus seluruh tubuh untuk awak kabinnya. Demikian dilaporkan One Mile at a Time.

Penumpang kelas bisnis di salah satu suite maskapai yang berada dalam penerbangan dapat memasang tanda 'jangan ganggu' di pintu mereka untuk membatasi kontak mereka dengan para awak kabin. Makanan mereka sekarang disajikan di atas nampan, tidak dipersiapkan di atas meja. Botol cairan pembersih tangan berukuran besar untuk awak kabin dan penumpang telah ditempatkan di bagian dapur kecil.

Bar pada pesawat pilihan akan ditutup untuk mematuhi langkah-langkah jarak sosial. Seperti maskapai penerbangan lainnya, Qatar Airways telah membatasi atau menghilangkan layanan makanan dan minuman untuk mengurangi kontak antara penumpang dan awak. (lgi)

Baca juga:

Paspor ‘New Normal’ bagi Penumpang Pesawat

Kredit : leonard


Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH