Petinggi Pemuda Muhammadiyah Bakal Diperiksa Sebagai Tersangka Korupsi Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Indonesia Ahmad Fanani

Merahputih.com - Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Iwan Kurniawan menyebut pekan depan pihaknya akan memeriksa Ahmad Fanani selaku ketua panitia acara dana kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia (PII) untuk pertama kalinya sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyelewengan dana dalam acara itu.

"Minggu depan mungkin akan kita panggil," kata Iwan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (12/7).

Baca Juga: Polisi Kembali Periksa Dahnil Anzar Simanjuntak Terkait Kasus Dana Kemah

Sejak ditetapkan jadi tersangka kasus itu pada 21 Juni 2019 lalu, pria yang merupakan mantan bendahara organisasi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah tersebut belum pernah dimintai keterangan.

Sejauh ini tersangka dalam kasus tersebut belum bertambah. Iwan menjelaskan rangkaian pemeriksaan kasus ini sudah hampir dilakukan semuanya kecuali meminta keterangan Fanani sebagai tersangka. Mulai dari memeriksa saksi-saksi, ahli sampai memeriksa barang bukti.

"(Makanya) Kita akan melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan," ujarnya.

Ketua Panitia Kemah dan Apel Pemuda Islam Ahmad Fanani ditetapkan jadi tersangka
Ketua Panitia Kemah dan Apel Pemuda Islam Ahmad Fanani. suaramuslim.net

Ahmad Fanani disangkakan atas Pasal 2 ayat (1) dan/atau Pasal 3 Uu No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dalam UU No 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 3, Pasal 4 dan Pasal 5 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Atas hal ini, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah diketahui juga telah memberikan bantuan hukum. Dengan status itu, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menegaskan, akan melakukan pendampingan terhadap kadernya tersebut.

Kegiatan kemah dan apel PII ini diselenggarakan di kawasan Candi Prambanan, Jawa Tengah pada 16 dan 17 Desember 2017 lalu. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kemenpora dan dilaksanakan oleh Pemuda Muhammadiyah bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Baca Juga: Polemik Dugaan Korupsi Dana Kemah, PP Muhammadiyah: Periksa Kemenpora dan GP Ansor

Polisi mencium ada dugaan penggelembungan data keuangan, dalam laporan pertanggungjawaban (LPJ) Pemuda Muhammadiyah.

Polisi lantas memeriksa belasan saksi di Yogyakarta, dan dua orang dari pihak PP Pemuda Muhammadiyah, yakni Dahnil Anzar, serta Ketua Panitia Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia dari PP Pemuda Muhammadiyah, Ahmad Fanani. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH