Headline

Petinggi Golkar Ungkap Ada Isyarat Percepat Munas dari Presiden Jokowi

Eddy FloEddy Flo - Senin, 08 Juli 2019
 Petinggi Golkar Ungkap Ada Isyarat Percepat Munas dari Presiden Jokowi
Logo Partai Golkar (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.Com - Desakan untuk mempercepat Munas Golkar yang pertama kali diajukan politisi senior Golkar Yorrys Raweyai kini bergerak bagaikan bola liar. Sejumlah petinggi partai berlambang pohon beringin itu ramai-ramai mengamini desakan Yorrys.

Desakan tersebut bahkan kata Petinggi Golkar Andi Sinulingga didukung Presiden Jokowi. Salah satu Ketua DPP Partai Golkar ini mengungkapkan ada isyarat dari Presiden Jokowi yang menginginkan suksesi kepemimpinan dalam tubuh partai koalisi termasuk Golkar dipercepat yakni sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Oktober 2019.

"Yang saya dengar begitu (partai koalisi menyelesaikan suksesi kepemimpinan) sebelum pelantikan, namun itu bukan langsung dari Pak Jokowi yang mengatakan," kata Andi di Jakarta, Senin (8/7).

Presiden Jokowi bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berolahraga di kompleks Istana Bogor, Jawa Barat. (Biropers-Muchlis)

Lebih lanjut Andi Sinulingga mengatakan apakah Golkar harus mengikuti isyarat Presiden tersebut atau tidak, harus disesuaikan dengan kebutuhan internal partai. Menurutnya, Golkar tetap menjadi pendukung pemerintah dan urusan internal disesuaikan dengan kehendak kader partai.

Andi mengatakan saat ini sudah ada desakan dari sejumlah kader dan juga pengurus DPD Golkar untuk segera melakukan Munas pada September ini.

"Ada dorongan pelaksanaan Munas Golkar sebelum penetapan kabinet, ada dorongan seperti itu," ujarnya.

Namun Andi mengakui sejauh ini Golkar memang belum menjadwalkan waktu Munas karena dinamika yang terjadi dalam internal.

Menurut dia, sebagian ada yang menginginkan Munas Golkar digelar September, lainnya menginginkan Desember 2019.

"Rapat pleno akan digelar pada pertengahan Juli ini untuk menentukan waktu pelaksanaan Munas Golkar, Kita tunggu saja," katanya.

Menurut dia, untuk menindaklanjuti isyarat Presiden tersebut, DPP Golkar harus segera melaksanakan Rapat Pleno untuk memutuskan pelaksanaan waktu Musyawarah Nasional (Munas) 2019.

Dia mengatakan Golkar sebagai parpol pendukung pemerintah, memiliki peran signifikan mengawal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin kedepannya.

"Saya pendukung segera rapat untuk menentukan kapan yang baik munas bagi partai Golkar," ujarnya.

BACA JUGA: Desakan Munas Golkar Dipercepat, DPD Solo: Lebih Baik Segera Konsolidasi

Pengamat: Golkar Butuh Leader Agar Kuat dan Besar Lagi

Andi Sinulingga sebagaimana dilansir Antara mengatakan sejumlah partai pendukung Jokowi-Ma'ruf serentak mempercepat penyelenggaraan suksesi kepemimpinannya sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Partai tersebut antara lain, PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), karenai itu seharusnya Golkar sebagai pendukung Jokowi-Ma'ruf juga harus menyelenggarakan Munas sebelum pelantikan.(*)

#Partai Golkar #DPP Partai Golkar #Munas Golkar #Airlangga Hartarto
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan