Petinggi FPI Lolos Seleksi Calon Komisioner Komnas HAM? Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai (kiri) dan Hafid Abbas (kanan) berjalan seusai melakukan pertemuan dengan Menko polhukam Wiranto di Jakarta, Jumat (9/6). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Koalisi Selamatkan Komnas HAM menemukan ada sejumlah nama calon yang terkait dalam organisasi radikal lolos tahap seleksi calon komisioner Komnas HAM.

Diantara nama-nama itu, tersebut satu diantaranya, yaitu Zainal Abidin yang merupakan Ketua Badan Hukum FPI Jawa Tengah.

Menanggapi hal itu, Aktivis Lembaga Study dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) Andi Muttaqien menyatakan tidak mempermasalahkan pencalonan siapapun untuk menduduki komisioner Komnas HAM.

Namun yang menjadi catatan, kedepannya kredibilitas Komnas HAM akan dipertaruhkan.

"Komnas HAM sebagai lembaga negara independen diberikan mandat untuk melakukan pengawasan dan penghapusan diskriminasi RAS dan Etnis, perlindungan dan penegakan HAM," kata Andi saat konferensi pers di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (2/7).

Menurutnya, sangat sulit untuk memperbaiki kinerja Komnas HAM, jika komisioner periode berikutnya diisi oleh anggota yang nyata-nyata tidak sejalan dengan mandat utama Komnas HAM.

"Ya, kalau ada anggota FPI lolos, kita tinggal lihat independensinya dan kinerja terhadap pemenuhan HAM," ucapnya.

Atas dasar itu, sebelumnya Koalisi Selamatkan KOMNAS HAM sudah melakukan penelusuran dan penilaian terhadap 60 calon komisioner Komnas HAM.

"Kalau ternyata dia anti terhadap keberagaman, dia sering bubarkan diskusi yang justru itu adalah forum akademik misalnya, atau dia bahkan melakukan atau terlibat dalam kekerasan yang berbasis atas nama agama sebaiknya dia tidak diteruskan," imbaunya. (Fdi)



Yohannes Abimanyu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH