Petani Bawang Tagih Janji Pemerintah Stabilkan Harga Ilustrasi bawang merah. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Para petani bawang merah asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menagih janji pemerintah yang akan membeli bawang produksi mereka pada kisaran Rp 15 ribu per kilogram (kg).

"Pemerintah sudah berjanji membeli bawang merah rata-rata Rp 15 ribu per kg, karena angka itu tidak membebani pembeli dan juga petani bisa mendapatkan untung," kata Ketua Kelompok Tani Kecamatan Pabuaran Cirebon Darmo di Cirebon, Rabu (11/10).

Dia mengatakan, ketika harga bawang merah naik, maka pemerintah khususnya dari Jakarta ramai-ramai turun ke lapangan untuk melihat kondisi para petani dan meminta harga diturunkan.

"Tetapi ketika sekarang ini harga bawang Rp 6 ribu tidak ada satu pun pemerintah yang melirik petani bawang. Maka saya harap pemerintah tunaikan janjinya untuk menyejahterakan petani," katanya.

Dia menjelaskan, untuk situasi sekarang ini harga bawang Rp 6 ribu sampai dengan Rp 7 ribu per kg. Padahal, untuk pemeliharaan petani harus mengeluarkan Rp 12 ribu per kg. "Kami para petani merugi Rp 5 ribu setiap kiogram," katanya.

Dia berharap, apa yang telah disampaikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk membeli bawang merah para petani Rp 15 ribu per kilogram, segera dipenuhi.

"Ya, apa yang sempat dilontarkan Menteri Pertanian supaya pemerintah membeli Rp 15 ribu ke petani, karena kalau dijual segitu kami masih mempunyai untung R p3 ribu dan konsumen juga tidak diberatkan," katanya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH