PETA Suarakan Kekecewaannya Atas Endorsement BTS untuk McD

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 04 Juni 2021
PETA Suarakan Kekecewaannya Atas Endorsement BTS untuk McD
PETA tampilkan kekejaman McD pada ayam (Foto: PETA)

KETIKA McDonald's mengumumkan kolaborasi mereka dengan BTS untuk The BTS Meal, semua orang bersemangat. Semua begitu suka cita kecuali PETA (People for the Ethical Treatment of Animals). Organisasi yang fokus pada hak-hak hewan itu telah menyuarakan keprihatinan atas kolaborasi tersebut.

Mereka menuduh BTS mempromosikan kekejaman terhadap hewan. Organisasi tersebut membagikan di media sosial mereka foto seorang individu, mengenakan T-shirt BT21, berdiri di luar McDonald's dengan tanda yang berbunyi, “Penggemar ini dikecewakan. BTS, berhenti mempromosikan ayam mati.” PETA Asia juga membagikan postingan dengan tagline, “You’re butter than this, BTS.”

Baca juga:

Idola K-Pop Generasi Keempat Yang Layak Sandang Predikat 'Trendsetter'

Organisasi PETA mengakui pengaruh BTS dan menyatakan kekecewaan mereka atas pilihan grup untuk bermitra dengan McDonald's untuk makanan yang terdiri dari nugget ayam. Investigasi PETA terhadap produsen ayam terbesar Australia, Baiada, yang dilaporkan memasok daging ayam ke McDonald's dan perusahaan lain, menemukan kekejaman yang meluas di fasilitas pembiakan dan rumah jagalnya. Rumah jagal Baiada memiliki CCTV, tetapi itu tidak menghentikan para pekerja untuk menggunakan ayam sebagai karung tinju. Jelas BTS tidak peduli dengan ayam yang menderita dan digorok lehernya untuk McNuggets di BTS Meal.

BTS endorse McD (Foto: mcDonalds)
BTS endorse McD (Foto: mcDonalds)

Sementara PETA mengklaim bahwa ARMY merasa "dikecewakan" oleh BTS karena mempromosikan konsumsi nugget ayam, penggemar lain justru membela BTS. Mereka muncul tidak hanya untuk membela BTS tetapi untuk meningkatkan kesadaran akan beberapa inkonsistensi dalam PETA. Mereka ingat bahwa PETA "menidurkan" ribuan hewan daripada mencari keluarga yang mau mengadopsinya karena mereka tidak percaya pada kepemilikan hewan peliharaan.

Baca juga:

BTS Memuncaki Billboard Hot 100 untuk Kali Keempat

Banyak ARMY yang menilai bahwa PETA memilih BTS dan McDonald hanya untuk "perhatian" dan "pengaruh". Meskipun BTS sering terlihat makan berbagai makanan yang terdiri dari daging dalam reality show mereka dan mendukung produk serupa sebelumnya, PETA belum mengkritik grup atau anggotanya sampai sekarang.

PETA tampilkan kekejaman McD pada ayam (Foto: PETA)
PETA tampilkan kekejaman McD pada ayam (Foto: PETA)

"Anda mengangkat masalah yang salah. Mcdonalds mungkin tidak akan berhenti memproduksi nugget bahkan jika BTS berhenti mempromosikannya. Anda bahkan tidak menyebutkan bahwa produksi nugget harus dihentikan. Anda memilih McDonalds. Anda memilih BTS. Anda pilih-pilih," ujar seorang penggemar.

Sementara penggemar lainnya menilai bentuk protes PETA terhadap kerjasama BTS dan McD tidak efektif. Apalagi yang diangkat oleh mereka adalah perlakuan buruk pegawai McD dalam menciptakan mcNugget. Padahal McDonalds punya olahan daging lain selain mcNugget dalam menunya. (Avia)

Baca juga:

Nugget Berbentuk Among Us dari BTS Meal Dijual Seharga Rp 20 Juta

#BTS #Selebriti
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan