Peta Persaingan Matchday 4 Liga Champions 2018-2019

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 06 November 2018
Peta Persaingan Matchday 4 Liga Champions 2018-2019
Logo Liga Champions. Foto: UEFA

MerahPutih.com - Tidak terasa, Liga Champions 2018-2019 telah memasuki Matchday 4. Pada periode ini, sejumlah tim hampir memastikan lolos dari fase grup.

Pada edisi 2018-2019, setidaknya delapan tim berpeluang lolos dari fase grup Liga Champions meski baru Matchday 4. Artinya, hasil dua laga terakhir tidak lagi berpengaruh.

Kedelapan tim berpeluang lolos dari fase grup Liga Champions adalah Borussia Dortmund, Atletico Madrid, Barcelona, Inter Milan, Ajax, Bayern Munchen, Manchester City, dan Juventus.

Mohamed Salah. Foto: Zimbio

Meski begitu, terdapat sejumlah syarat untuk lolos langsung dari fase grup Liga Champions 2018-2019. Andai memenuhi syarat tersebut, kedelapannya aman ke fase gugur.

Selain delapan tim yang berjuang lolos pada fase grup Liga Champions, terdapat persaingan lain. Setidaknya, 10 tim wajib meraih kemenangan demi menjaga asa pada ajang tersebut.

Menyambut Matchday 4 Liga Champions 2018-2019, berikut ini adalah peta persaingan setiap grup:

Grup A:

Marco Reus. Foto: Zimbio

Borussia Dortmund menguasai Grup A Liga Champions 2018-2019. Marco Reus dan kawan-kawan mengumpulkan sembilan poin dari tiga laga yang telah mereka jalani.

Kemenangan pada Matchday 4 akan membuat Borussia Dortmund lolos ke fase gugur Liga Champions sebagai jaura grup. Atletico Madrid, AS Monaco, dan Brugge mencari peluang sebagai pendampingnya.

Atletico Madrid berpeluang lolos andai meraih kemenangan dan pertandingan lain berakhir imbang. Sementara itu, AS Monaco dan Club Brugge tertutup apabila Atletico menang.

Grup B:

Barcelona v Inter Milan. Foto: Zimbio

Di Grup B Liga Champions 2018-2019, situasi serupa hampir terjadi. Barcelona memuncaki klasemen sementara dengan nilai sembilan dari tiga pertandingan.

Artinya, Inter Milan, Tottenham, dan PSV wajib memperebutkan satu tempat tersisa. Inter Milan menjadi kandidat kuat karena akan lolos apabila meraih kemenangan dan laga lain berakhir imbang.

Sedangkan Tottenham dan PSV wajib bersaing ketat untuk lolos dari fase grup Liga Champions 2018-2019. Hasil imbang apalagi kalah bakal menyingkirkan satu dari keduanya.

Grup C:

Mohamed Salah. Foto: Zimbio

Sementara itu, persaingan di Grup C Liga Champions 2018-2019 masih berjalan ketat. Dipastikan belum ada tim yang lolos ke fase gugur pada Matchday 4.

Pasalnya, Liverpool, Napoli, PSG, dan Crvena sama-sama masih berpeluang lolos. Namun, Crvena wajib meraih kemenangan untuk menjaga peluang lolos.

Saat ini, Liverpool memang memuncaki klasemen sementara Grup C dengan nilai enam. Namun, mereka hanya unggul lima poin dari Crvena di peringkat terakhir.

Grup D:

Porto v Lokomotiv Moskow

Situasi di Grup D kurang lebih sama dengan Grup C. Belum ada tim yang bisa lolos langsung dari fase grup pada Matchday 3 Liga Champions 2018-2019.

Meski begitu, Lokomotiv yang berada di dasar klasemen lebih buruk dari Crvena karena belum mengumpulkan poin. Mereka wajib menang dan berharap laga lain berakhir imbang untuk lolos.

FC Porto menjadi raja di Grup D setelah mengumpulkan tujuh poin. Sedangkan Schalke berada di posisi kedua dengan lima poin dan Galatasaray mengumpulkan empat angka.

Grup E:

Bayern Muenchen. Foto: Zimbio

Dua tim berpeluang lolos langsung pada Grup E Liga Champions 2018-2019. Ajax dan Bayern Munchen merupakan tim yang berpeluang melaju dari fase grup andai meraih kemenangan.

Ajax akan otomatis lolos apabila mengatasi perlawanan Benfica. Sementara itu, kemenangan Ajax bakal memengaruhi Bayern Munchen apabila berhasil menang atas AEK.

Benfica butuh menang dan berharap Bayern Munchen gagal meraih tiga poin agar menjaga peluang lolos. Sementara AEK tidak boleh kalah apabila ingin memperpanjang nafas di Liga Champions.

Grup F:

Manchester City. Foto: Zimbio

Persaingan di Grup F Liga Champions 2018-2019 sedikit lebih rumit dibandingkan grup lain. Manchester City wajib menang untuk lolos dari fase grup Liga Champions.

Hoffenheim tidak boleh kalah untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur Liga Champions 2018-2019. Hoffenheim juga berharap dengan hasil Manchester City.

Sementara itu, Lyon tidak terpengaruh dengan hasil pertandingan Matchday 4 Liga Champions 2018-2019. Shakhtar Donetsk bisa menjaga peluang lolos andai menang atas Manchester City.

Grup G:

AS Roma. Foto: Zimbio

Pada Grup G Liga Champions 2018-2019, situasi hampir sama dengan Grup B dan Grup C. Belum ada tim yang dipastikan lolos ke fase gugur pada Matchday 4.

Meski begitu, peluang lolos Viktoria Plzen ditentukan pada pertandingan ini. Mereka bisa lolos andai menang dan AS Roma gagal meraih tiga poin dari CSKA.

Sayangnya Viktoria Plzen harus menghadapi lawan berat, Real Madrid. Peluang mereka lolos dari fase grup Liga Champions 2018-2019 pun semakin mengecil.

Grup H:

Cristiano Ronaldo v Manchester United. Foto: Zimbio

Juventus menjadi kesebelasan paling diuntungkan pada Grup H Liga Champions 2018-2019. Asal tidak kalah, I Bianconeri dipastikan lolos pada Matchday 4.

Bahkan, kemenangan atas Manchester United membuat Juventus bakal dipastikan sebagai jaura grup. Selain itu, kemenangan tersebut akan membuka asa lolos Valencia dan Young Boys.

Pemenang antara laga Valencia kontra Young Boys memiliki peluang untuk lolos dari fase grup. Syaratnya, Manchester United gagal menang atas Juventus. (*/Bolaskor)

#Liga Champions
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan