Properti
Pesona Vila Vanili di Tanjung Lesung Vila Vanili menawarkan investasi menarik. (foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

DI kawasan Tanjung Lesung, akan hadir sebuah megaproyek yang sangat unik. Proyek ini akan menjadi daya pikat wisata di kawasan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.

Vila Vanilli dibangun di tanah seluas 200 hektare akan dikelola dua perusahaan, yakni PT Jaya Hunian Lestari yang mengelola vila estate dan PT Persaudaraan Anak Bangsa yang mengelola bagian plantation atau perkebunan vanilli.

"Vila Vanilli memiliki konsep perpaduan villa estate dengan perkebunan vanilli. Menariknya, yang kami miliki di sini merupakan perkebunan vanilli terbesar di Indonesia," jelas Direktur Operasional PT Jaya Hunian Lestari Beteng, saat ditemui Merahputih.com di kawasan Tanjung Lesung, Jumat (28/5).

BACA JUGA:

Jerry Hermawan Lo Optimis Dua Perusahaan Barunya Bisa Memajukan Tanjung Lesung

Dengan konsep tersebut, setiap vila di Vila Vanilli nantinya memiliki kebun vanilli masing-masing. Pada setiap vila, akan ada private pool yang akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pemilik vila.

Tak hanya itu, menurut Beteng, kawasan ini pun akan menghadirkan World of Vanilla. Di dalamnya akan ada museum vanilla, pusat leisure, merchandise, dan sejumlah spot menarik lainnya.

vila vanili
Vila Vanili memadukan plantation dan villa estate. (foto: MP/Rizki Fitrianto)

“Kami akan buat nanti setiap unit minimal 2.500 meter persegi. Setelah penyelesaian masterplan, kami akan bangun. Diharapkan, akhir tahun ini sudah bisa dilaksanakan," tutur Beteng.

Para investor ditawari berbagai benefit menarik jika membeli vila di Villa Vanilli.

Benefit yang pertama, yakni area Vila Vanilli merupakan area yang akan menjadi pusat industri pariwisata di masa depan. Tentunya investasi tanah pasti akan berkembang.

Benefit yang kedua yakni adanya perpaduan antara villa estate dan perkebunan vanilli. Seperti yang diketahui, vanilli merupakan komoditas yang tidak mduah dan cukup mahal. Oleh karena itu, investasi ini akan bisa menghasilkan feedback yang baik.

Dengan kenaikan harga tanah cukup bagus, para ivnestor bisa mendapat hasil yang menjanjikan dari kebun vanilli. Jadi investasi di Vila Vanilli merupakan langkah yang tepat.

Untuk perkebunan pada setiap vila, para investor cukup membeli, nantinya PT Persaudaraan Anak Bangsa yang akan mengelola dan akan ada garansi untuk penjualan vanilli itu nanti.

vila vanili
Perkebunan dikelola secara komprehensif oleh tenaga ahli. (foto: MP/Rizki Fitrianto)

Untuk biaya pengelolaan kebun pada setiap vila, pemilik dikenai service charge. Namun, seluruh hasilnnya nanti akan menjadi milik pada investor yang membeli vila tersebut. Dalam pengelolaannya nanti, akan dilakukan para ahli di bidang vanilli dan tentunya hasilnya pasti sangat baik.

"PT Persaudaraan Anak Bangsa yang akan mengelola perkebunan vanili, mengolahnya, dan menjualnya sampai menjadi suatu hasil yang baik," ujar Direktur PT Persaudaraan Anak Bangsa Johan Sinalsal Sembiring, selaku .

Johan menambahkan, perkebunan di Vila Vanilli nantinya akan ditata sedemikian rupa, semenarik mungkin, dan tentunya akan menghasilkan keuntungan yang bagus bagi para pemilik vila dan kebun vanilla.

Jadi, Johan menyampaikan bahwa investor tak perlu ragu. Perkebunan vanilli di Vila Vanilli tidak hanya akan menjadi yang terbesar di Indonesia, tapi juga di dunia.

Pada area tersebut, imbuh Johan, akan dilengkapipabrik media tanam. Pihaknya menghasilkan sendiri bibit, dan segala kebutuhan perkebunandengan konsep yang komperhensif dan holistik.

Menurut Johan, harga vanilli di Indonesia juga cukup tinggi. Untuk kondisi-kondisi tertentu setelah diolah, harga vanili bisa mencapai sekitar USD 300 atau sekitar Rp 4,2 juta per kilogram.

Tumbuhan vanilli, mulai dari bibit hingga siap dipanen, membutuhkan waktu sekitar 2 tahun 8 bulan. Salah satu kunci keberhasilan perkebunan vanilli, yakni teknik budi daya pada penyiapan media tanam.

Tanaman vanilli membutuhkan sesuatu yang sifatnya organik. Karena itu, harus diberikan perhatian khusus kepada media tanam.

vila vanili
Vila Vanili menjadi investasi yang menarik. (foto: MP/Rizki Fitrianto)

Sementara itu, dalam hal sumber daya manusia (SDM) di PT Persaudaraan Anak Bangsa, Johan mengatakan pihaknya bekerja sama dengan para lulusan IPB sebagai tenaga ahli utama.

Para ahli tersebut pun akan mendidik para petani vanilli, dari mulai metode budi daya dan seterusnya. Selain itu, PT PAB juga bekerja sama dengan sejumlah balai penelitian yang ada di Bogor.

"Salah satu yang nanti menjadi target kami, perkebunan vanili PT PAB yang ada di Tanjung Lengsung ini bisa menjadi referensi vanili dunia. Untuk itu, sangat dibutuhkan kerja sama dengan semua pemangku kepentingan, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, dan pemerintah," Jelas Johan.

Johan beharap bersama-sama bisa mengembalikan kejayaan Indonesia dengan rempah-rempah yang ada, seperti vanilli yang diharapkan bisa menjadi yang terdepan serta daya tarik tersendiri bagi Indonesia.(Ryn)

BACA JUGA:

Kecintaan Jerry Hermawan Lo terhadap American Akita Berbuah Manis

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Royal Enfield Tripper, Inovasi Sistem Navigasi Sepeda Motor
Fun
Royal Enfield Tripper, Inovasi Sistem Navigasi Sepeda Motor

Pengendara dapat dengan mudah merencanakan perjalanan.

Penjualan Mobil Baru di Februari 2021 Mengalami Penurunan
Fun
Penjualan Mobil Baru di Februari 2021 Mengalami Penurunan

Gaikindo mengumumkan, penjualan mobil baru di Februari 2021 mengalami penurunan hingga sekitar 7%

3 Gim dengan Jalan Cerita Sangat Menyedihkan
ShowBiz
3 Gim dengan Jalan Cerita Sangat Menyedihkan

Gim apa saja ya yang memiliki jalan cerita yang sangat menyedihkan?

Reuni Pasangan Cameo Favorit K-Drama
ShowBiz
Reuni Pasangan Cameo Favorit K-Drama

Chemistry mereka kuat banget.

Yuk Minta Maaf dan Koreksi Kebiasaan Sehari-Hari yang Berakibat Fatal Bagi Kucing Domestik
Hiburan & Gaya Hidup
Zodiak yang Mudah Jatuh Cinta Sama Teman Sendiri
Fun
Zodiak yang Mudah Jatuh Cinta Sama Teman Sendiri

Beberapa zodiak rupanya memang hobi nih naksir teman bahkan sampai diajak serius.

EA Tunda Garap 'Need for Speed' Karena 'Battlefield'
Fun
EA Tunda Garap 'Need for Speed' Karena 'Battlefield'

EA ingin fokus menggarap 'Battlefield' dulu.

Knuckles Tampil Kece di Sekuel 'Sonic the Hedgehog'
ShowBiz
Knuckles Tampil Kece di Sekuel 'Sonic the Hedgehog'

Sekuel Sonic the Hedgehog sedang digarap oleh Sega dan Paramount Pictures.

Jangan Melupakan Kesehatan Gigi dan Mulut di Tengah Pandemi
Fun
Jangan Melupakan Kesehatan Gigi dan Mulut di Tengah Pandemi

kesehatan gigi sangatlah penting, sama pentingnya dengan menjaga kesehatan badan secara umum.

 Michelle Joan Curhat Sulitnya Move On di Single 'Susah Payah'
ShowBiz
Michelle Joan Curhat Sulitnya Move On di Single 'Susah Payah'

Pembuktian pelebaran sayap ke dunia tarik suara.