Pesona Pantai Tangsi Lombok dengan Pasir Berwarna Pink Pantai Tangsi (Instagram@mariawinther92)

LOMBOK, Nusa Tenggara Barat (NTB) diguncang gempa cukup kuat. Pada Minggu malam, gempa berkekuatan 7 SR mengguncang kawasan Lombo Utara. Hingga saat ini tercatat 91 orang meinggal dunia, 209 luka-luka dan ribuan jiwa mengungsi.

Di balik bencana besar itu, Lombok adalah pulau kengan keindahan luar biasa. Beberapa destinasi wisatanya bahkan terlah diakui dunia seperti Pantai Tangsi di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur.

Kamu bisa bermain air di sana (Instagram/warwul)
Kamu bisa bermain air di sana (Instagram@warwul)

Di pantai ini kamu akan melihat pasir yang berwarna pink. Bagi yang belum tahu di dunia hanya ada tujuh pantai pink dan dua diantaranya ada di Indonesia yakni di Pantai Merah di Taman Nasional Komodo da Pantai Tangsi.

Pasir yang berwarna pink tentu membuat siapa saja akan kagum melihatnya dan ingin mengabadikan momen di sana. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga kamu bisa lebih aman bermain air di Pink Beach Lombok nama lain Pantai Tangsi.

Sebenarnya Pantai Tangsi tidak benar-benar memiliki pasir berwarna pink. Pasir pantai ini punya warna asli putih, namun butiran-butitan pasir itu bercampur dengan serpihan karang merah muda. Kemudian cahaya matahari yang bersinar semakin memperjelas warna pink di pantai itu.

Perjuangan menuju Pantai Tangsi

Pantai Tangsi yang populer di kalangan traveller (Instagram/lombok_cab's profile picture lombok_cab)
Pantai Tangsi yang populer di kalangan traveller (Instagram@lombok_cab)

Jarak yang cukup jauh mungkin menjadi masalah utama untuk menuju pantai ini. Tapi dijamin setelah kamu ke lokasi rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh akan terobati.

Pantai Tangsi berjarak sekitar 85 kilometer dari Kota Mataram atau sekitar dua jam. Kamu bisa menyewa kendaraan roda dua atau mobil untuk menuju ke sana. Kalau tak ingin pusing kamu bisa menyewa agen travel yang menyediakan paket ke Pantai Tangsi.

Baca juga: Bayt Al-Quran Al Akbar, Museum Al-Quran Terbesar di Dunia ada di Palembang

Baca juga: Kampung Al Munawar, Pesona Budaya Arab di Tanah Palembang

Selain jarak yang jauh, cobaan lain untuk menuju ke Pantai Tangsi adalah akses jalan yang masih rusak terutama ketika sudah dekat dengan lokasi. Kamu juga harus berhati-hati karena jika ban bocor atau meledak di sepanjang jalan jarang ada bengkel atau rumah warga.

Pilihan lain menuju Panta Tnagsi adalah lewat jalur laut. Akses menuju pantai ini bisa ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Luar. Perjalanan dari Kota Mataram ke pelabuhan sekitar 1,5 jam atau sekitar 66 kilometer.

Belum dikelola secara profesional

Pantai pink yang sangat indah (Instagram/multisiahaan)
Pantai pink yang sangat indah (Instagram@multisiahaan)

Meski pantai ini sangat indah dan menjadi satu diantara tujuh pantai pink di dunia, Pantai Tangsi belum dikelola secara profesional. Sehingga di sana belum banyak fasilitas bagi para wisatawan.

Namun jangan kecewa, di sana masih terdapat penyewaan perahu dan alat snorkeling. Jika lapar kamu bisa menyantap makanan di warung-warung sekitar pantai. Meski tak menjajakan makanan mewah layaknya hotel bintang lima, namun warung makan di sana sudah bisa mengatasi rasa lapar kamu. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH