Pesona Joaquin Phoenix Mulai dari Golden Globes hingga Oscar 2020 Pesona Joaquin Phoenix di Oscar 2020 (Sumber: People)

DI layar lebar, Joaquin Phoenix dikenal sebagai pria intens yang memiliki keanehan dan daya tarik. Di kehidupan nyata pun Phoenix sama kuatnya. Selama beberapa dekade terakhir, aktor ini telah memanfaatkan ketenarannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan krisis iklim dan hak-hak binatang.

Dalam perjalanan meraih Oscar pertamanya, ia pun memanfaatkan waktu untuk menyoroti masalah yang paling penting baginya akan hal-hal tersebut. Di tiap pidato sambutan, ia kerap kali menyelipkan tentang perubahan iklim, rasisme di industri perfilman, hingga ramah binatang. Berikut momen paling memesona dari Phoenix selama musim penghargaan yang mungkin juga akan diperlihatkan saat Oscar 2020:

Baca Juga:

Joaquin Phoenix Sindir Dunia Film Yang Masih Rasis

1. Jas yang Sama

Joaquin Phoenix
Setelan jas yang selalu sama (Sumber: Vanity Fair/GQ)

Menurut Stella McCartney, Phoenix bersumpah untuk mengenakan tuksedo hitam yang sama dari labelnya untuk semua ajang penghargaan. Itu dilakukan sebagi cara untuk mengurangi pemborosan. Di setiap ajang karpet merah mulai dari Golden Globes, BAFTA, Screen Actors Guild Awards hingga Oscar 2020 menunjukkan bahwa Phoenix benar-benar menepati janji itu. Ia tampil dengan pakaian yang sama.

2. Jet Pribadi

Joaquin Phoenix
Pidato Joaquin Phoenix (Sumber: Vanity Fair)

Sebagai seorang aktor dengan bayaran fantastis, sudah selayaknya Phoenix menikmati fasilitas mewah seperti Jet Pribadi. Namun ia tak melakukan itu. Dalam pidatonya di ajang Golden Globes, ia menyoroti aktor lain yang menggunakan jet pribadi untuk terbang ke mana-mana. "Kita harus mengambil tanggung jawab itu pada diri sendiri dan membuat perubahan. Pengorbanan dari kehidupan kita sendiri amat penting," tuturnya. "Kita tidak harus membawa jet pribadi ke mana-mana. Saya akan coba melakukan yang lebih baik dan saya harap Anda juga akan melakukannya," lanjutnya.

Baca Juga:

Fakta-Fakta Yang Wajib Diketahui di Film Joker

3. Vegan

Joaquin Phoenix
Vegan garis keras (Sumber: PETA)

Phoenix adalah aktivitas vegan yang memperjuangkan hak-hak binatang. Dalam sebuah wawancara di tahun 2019, ia menuturkan telah menjadi vegan sejak 1979. Ia melakukan hal tersebut setelah menyaksikan seorang nelayan menangkap dan membunuh ikan secara brutal. "Kebanyakan orang tidak benar-benar tahu tentang penyiksaan dan pembunuhan di indusri daging dan susu," jelasnya prihatin. "Aku sudah melihat apa adanya, jadi aku harus berada di sini (sebagai vegan)," tegasnya.

"Segala sesuatu tentang industri daging dan susu bersifat merusak. Tidak hanya untuk hewan tetapi juga para pekerja imigran yang tidak dibayar cukup," ujar Phoenix.

Tak berhenti di Golden Globes saja, Phoenix mulai membujuk Oscar 2020 untuk menjadi vegan pula.

4. Heath Ledger

Joaquin Phoenix Heath Ledger
Joaquin Phoenix selalu mengenang Heath Ledger (Sumber: Screen Geek)

Phoenix selalu meluangkan waktunya untuk mengenang mendiang Heath Ledger, yang meninggal tak lama setelah memerankan Joker di The Dark Knight 2008. Screen Actor Guild Award adalah momen pertama kalinya dia membawa nama Ledger di atas panggung. Dalam pidatonya, pertama-tama ia menyebut nama aktor lain yang juga menjadi nominasi seperti Christian Bale, Leonardo DiCaprio, Taron Egerton, hingga Adam Driver. Dirinya pun beralih menyebut sang Joker di The Dark Knight. (avia)

Baca Juga:

Perilaku Aneh Joaquin Phoenix Saat Jadi Joker

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH