Pesona Indah di Gua Bangkang Lombok Gua Bangkang yang mempesona (Instagram@indah_eka)

LOMBOK memang dikenal dengan keindahan pantainya. Di sana ada sederet pantai yang sangat mempesona. Contohnya saja Pantai Tangsi dengan pasir berwarna merah mudanya. Pantai ini adalah satu diantara tujuh pantai pink di dunia.

Tapi, selain pantai ternyata ada banyak potensi alam yang bisa dinikmati di pulau ini. Seperti Gua Bangkakng yang terletak di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Gua ini sangat cocok diperuntukan bagi petualang sejati.

Efek yang luar biasa di Gua Bangkang (Instagram/aliyutra910)
Efek yang luar biasa di Gua Bangkang (Instagram@aliyutra910)

Gua Bangkang punya keunikannya sendiri. Cahaya yang masuk lewat celah-celah bebatuan menjadikannya spot foto menarik. Stalagmit dan stalaktit menjadikan efek cahaya semakin indah.

Dijamin setelah melihatnya kamu tak akan melewatkan momen tersebut untuk diabadikan menjadi foto. Tapi ingat seperti yang disebutkan tadi berkunjung ke gua ini cukup menantang.

Lokasinya cukup dekat dengan jalan (Instagram/andra.maulana)
Lokasinya cukup dekat dengan jalan (Instagram@andra.maulana)

Sebelum datang ke Gua Bangkang lebih baik mempersiapkan fisik dan peralatan seperti masker. Karena gua ini adalah rumah bagi ribuan kelelawar sehingga bau kotoran menyeruak dari dalam gua.

Track di dalam gua juga membutuhkan pemandu atau warga setempat. Hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersasar misalnya. Apalagi semakin ke dalam maka akan semakin gelap.

Meski demikian gua ini memiliki dinding-dinding yang luas sehingga kamu tak akan merasa pengap saat masuk. Suasana gua juga cukup hening jadi cocok buat yang ingin menghindari keramaian kota.

Banyak muda mudi yang datang ke sana (Instagram/indi_jalanjalan)
Banyak muda mudi yang datang ke sana (Instagram@indi_jalanjalan)

Selain caving, kamu juga bisa memanjat dinding-dinding gua. Tapi ingat, dasar gua ada banyak bebatuan terjal jadi harus berhati-hati.

Soal akses, Gua Bangkang letaknya tak jauh dari jalan raya. Sehingga kamu bisa memarkirkan kendaraan di pinggir jalan atau warung di sana. Goa Bangkang bisa dijumpai saat melintasi Pantai Kuta Lombok dan Pantai Are Guling. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH