Selebritas
Aktris Korea yang Mengawali Karier dari Modeling Aktris Korea yang mengawali karir sebagai model (Sumber: Berbagai sumber)

AKTRIS K-drama bisa memulai karier dari mana pun. Beberapa ada yang memulai kariernya sebagai grup idola. Sementara itum beberapa lainnya justru memulai karier mereka di panggung runway. Berikut aktris Korea yang memulai kariernya dari dunia modeling.

1. Jun Ji-hyun

Jung Ji hyun
Penampilan menawan Jun Ji-hyun saat tampil untuk merk mewah, Alexander McQueen (Sumber: Alexander McQueen)

Sebelum terjun ke dunia K-drama dan menjadi salah satu aktris dengan bayaran tertinggi, Jun Ji-hyun memantapkan dirinya sebagai ikon mode dengan muncul di sampul majalah Ecole pada tahun 1997. Ia pun banyak tampil di fashion show. Ketenarannya mulai melambung saat menjadi model iklan printer Samsung MyJet.

Seiring dengan popularitasnya, ia mendapat peran utama dalam film komedi romantis Korea terlaris sepanjang masa, My Sassy Girl (2001). Sejak itu namanya pun kian meroket. Dia membuat debut Hollywood-nya di Blood: The Last Vampire (2009) dan muncul di lebih banyak K-drama hits seperti My Love From the Star (2013) dan Legend of the Blue Sea (2016).Dengan karir yang membentang lebih dari dua dekade, Jun tidak hanya populer di Korea Selatan tetapi juga di seluruh Asia. Dia melebarkan sayapnya di daratan Asia dengan menjadi model untuk sejumlah jenama. Hampir semua produk yang memajang wajahnya terjual habis, tidak hanya di Korea Selatan tetapi di luar negeri.

Baca juga:

5 K-Pop Rookie di 2021, Mana Favoritmu?

Bintang Hallyu ini dikenal sebagai aktris Korea pertama yang difoto untuk American Vogue. Dia juga muncul di sampul banyak majalah mode bergengsi lainnya seperti Elle, Harper's Bazaar, W dan Marie Claire.Dirinya semakin memperkuat kedudukan di tahta industri hiburan dengan menjadi brand ambassador merek mewah Inggris, Alexander McQueen. Menurut AllKpop, Jun dinobatkan sebagai selebriti Korea dengan bayaran tertinggi tahun 2021 dengan penghasilan sekitar USD 14,7 juta tahun itu.

2. Song Hye-kyo

song
Penampilan Song Hye-kyo untuk Chaumet (Sumber: Instagram/kyo1122)

Meskipun ada banyak wajah baru di industri hiburan Korea, Song Hye-kyo tetap menjadi salah satu aktris Korea yang paling dicari. Menurut informasi yang dilansir dari South China Morning Post, Song Hye-kyo menerima sekitar USD 42.000 per episode drama. Tapi tahukah kamu bahwa sebelum berkiprah di dunia peran, Song memulai karirnya di industri modeling?

Pada tahun 1996, tepatnya saat usia 14 tahun ia keluar sebagai juara pertama dalam kontes modeling. Rupanya itu menandai awal karirnya yang sukses sebagai model dan akhirnya menjadi aktris. Karier aktingnya meroket setelah menjadi peran utama dalam Autumn in My Heart (2000). Sejak itu, ia telah muncul di berbagai film dan drama rating tinggi termasuk Full House (2004), That Winter, the Wind Blows (2013) dan Descendants of the Sun (2016). Dia juga dapat banyak sponsor yang membantunya memperkuat statusnya sebagai salah satu bintang Hallyu paling menonjol. Daftar jenama yang menjadi sponsor terus bertambah termasuk rumah mode mewah Italia Bottega Veneta, lini perawatan kulit kelas atas Sulwhasoo, dan merek kosmetik Laneige. Awal tahun ini, LVMH menunjuk Song sebagai duta global pertama Korea untuk Fendi dan duta besar Asia-Pasifik untuk Chaumet.

Selain meraup jutaan won dari drama, dia juga menghasilkan banyak uang dari kerja sama dengan sejumlah jenama. dukungannya. TMI News mengungkapkan bahwa jaminan model komersial Song melonjak hingga 900 juta won (sekitar USD 750.000) pada tahun 2019. Dan dengan jangkauan lebih dari 11 juta pengikut di halaman Instagram-nya saja, ia dilaporkan memperoleh sekitar 540 juta won (USD 450.000) perunggahan bersponsor.

3. Shin Min-ah

Shin min-ah
Shin Min-ah (Sumber: Instagram/@illusomina)

Perempuan dengan julukan Dewi Kecantikan Korea Selatan ini menjadi model sejak usia 14 tahun. Ia menghabiskan masa remajanya dengan berpose untuk foto dan tampil dalam iklan dan video musik. Kesuksesannya tidak berakhir di sana karena dia akhirnya membuat debut aktingnya pada tahun 2001 di film Volcano High. Karir aktingnya menanjak setelah ia membintangi serial komedi My Girlfriend is a Gumiho (2010) dan Oh My Venus (2015).

Mengejar akting dan modeling secara bersamaan, ia menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Shin membuktikan berkali-kali pengaruhnya sebagai selebriti populer. Sepanjang karirnya, wajah Shin menghiasi sejumlah jenama mewah kelas atas seperti Chanel, Hera Cosmetics, Cartier, Givenchy Beauty, Gucci dan Roger Vivier.

Dia juga menghiasi halaman majalah. Tidak hanya di Korea, tetapi juga di luar negeri. Dia dikenal sebagai aktris Korea pertama yang memiliki fitur eksklusif di The New York Times T Magazine. Dirinya juga pernah terbang ke Milan, Italia untuk syuting Calvin Klein dengan aktor Hollywood Jamie Dornan.Soompi mengungkapkan bahwa pemimpin redaksi Vogue, Anna Wintour memuji Shin untuk kecantikannya dan hasil pemotretan akhir.

4. Bae Doona

bae doona
Bae Doona ditemukan agensi model saat kuliah (Sumber: Instagram/@doonabae)

Bae Doona ditemukan oleh agen model Korea saat dia masih duduk d bangku kuliah. Karir modelnya dimulai saat menjadi model katalog untuk lini pakaian CoolDog pada tahun 1998. Ia memulai karir aktingnya setahun kemudian dengan memulai debutnya di salah satu drama TV KBS.Reputasinya sebagai aktris film tentu tidak bisa dianggap remeh. Sambil berdiri di tempatnya sebagai ikon gaya, ia muncul di film Korea Selatan, K-drama dan beberapa film internasional dan serial TV seperti Cloud Atlas (2012). Sementara debut Hollywood-nya, dimulai tahun 2015 lewat drama Jupiter Ascending. Ia juga tampil di serial Netflix original Sense8.Pada 2016 ia menjadi wajah Korea Selatan pertama untuk Louis Vuitton Korea. iA mewakili merek fashion mewah tidak hanya di Korea Selatan, tetapi di Paris dan AS. Pada tahun 2019, ia menghiasi sampul American Vogue bersama dengan Scarlett Johansson dan Deepika Padukone.

5. Jung Ho-yeon

Jung ho yeon
Jung Ho-yeon kejar karir sebagai model internasional (Sumber: South China Morning Post)

Setelah membintangi serial thriller psikologis Squid Game, basis penggemar Jung Ho-yeon meroket. Dia dilaporkan memperoleh 19 juta pengikut di media sosial setelah serial itu ditayangkan perdana pada bulan September. Dirinya sekarang menjad aktris Korea yang paling banyak diikuti di Instagram, menyalip Lee Sung-kyung dan Song Hye-kyo. Sebelum mencapai popularitas luar biasa di serial Squid Game, ia adalah supermodel profesional. Dia memulai karirnya di Seoul Fashion Week dan kemudian berkompetisi di musim keempat Next Top Model Korea pada tahun 2013. Di 2016, dia memutuskan untuk meninggalkan Seoul untuk melanjutkan karir modelingnya dan membuat debut modeling internasionalnya sebagai model eksklusif untuk Louis Vuitton. . Sejak itu, dia melenggang untuk merek-merek mewah seperti Chanel, Gucci, Prabal Gurung, Marc Jacobs, Jeremy Scott, dan Roberto Cavalli. Model populer ini juga berpose di sampul majalah Vogue, Harper's Bazaar, W, Dazed dan Marie Claire.(Avia)

Baca juga:

Drama Korea Paling Cemerlang dan Jenius Sepanjang 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Makna Tersirat dalam Lagu Love Game
ShowBiz
Makna Tersirat dalam Lagu Love Game

Lagu tersebut terinspirasi dari kisah orang terdekatnya yang sulit menemukan orang yang tepat sebagai pasangan hidup.

Riot Games Ajak Zedd Garap Lagu Terbaru VALORANT
Fun
Riot Games Ajak Zedd Garap Lagu Terbaru VALORANT

Dikabarkan, ajang kolaborasi itu akan dimulai pada 8 September.

Xiaomi Buds 3 Bakal Jadi Saingan Berat AirPods 3
Fun
Xiaomi Buds 3 Bakal Jadi Saingan Berat AirPods 3

Xiaomi Buds 3 digadang-gadang menjadi pesaing terberat Apple AirPods 3.

Tim Produksi Hometown Cha-Cha-Cha Minta Penggemar Berhenti Kunjungi Lokasi Syuting
Fun
Tim Produksi Hometown Cha-Cha-Cha Minta Penggemar Berhenti Kunjungi Lokasi Syuting

Penggemar 'Hometown Cha-Cha-Cha kerap mendatangi lokasi syuting drama ini.

Dari Mana Datangnya Tradisi Takjil di Indonesia?
Fun
Dari Mana Datangnya Tradisi Takjil di Indonesia?

Menurut KBBI adalah 'mempercepat dalam berbuka puasa'.

You And I, Persahabatan Abadi Dua Perempuan!
ShowBiz
You And I, Persahabatan Abadi Dua Perempuan!

Film dokumenter garapan Fanny Chotimah tersebut menceritakan kisah keseharian dua eks tapol perempuan.

Italia akan Membuka Taman Hiburan 'Jumanji - The Adventure' Tahun Depan
Travel
Italia akan Membuka Taman Hiburan 'Jumanji - The Adventure' Tahun Depan

Taman hiburan yang ada di Italia ini membuat wahana pertama di dunia mengetengahkan keseruan film itu.

Miss Universe 2021, antara Pandemi dan Kontes Kecantikan
ShowBiz
Miss Universe 2021, antara Pandemi dan Kontes Kecantikan

Miss Universe 2021 diselenggarakan di Eilat, Israel.

Rawat Tubuh Sambil Ikut Sayangi Bumi
Fun
Rawat Tubuh Sambil Ikut Sayangi Bumi

Sudah mulai muncul kampanye produk perawatan tubuh dan kecantikan ramah lingkungan.

Kenali 4 Manfaat Melakukan Uji Emisi Kendaraan
Fun
Kenali 4 Manfaat Melakukan Uji Emisi Kendaraan

Kenali Sejumlah Manfaat Melakukan Uji Emisi Kendaraan