Pesilat Made In Negeri Aing Jadi Langganan Film Action Hollywood Yayan Ruhian dan Keanu Reeves ketika bermain dalam film 'John Wick: Chapter 3 - Parabellum.

DALAM sebuah bangunan didominasi kaca, John Wick mendapat serangan secara tiba-tiba dari dua pria Asia. Dengan diimingi-imingi uang senilai USD 14 juta, keduanya datang dari Indonesia untuk memburu John Wick. Meskipun memiliki postur lebih kecil, keduanya mampu membuat Wick kalang kabut dengan serangan permainan pukulan dan tendangan meliuk indah khas gerakan Pencak Silat.

Keduanya tidak menyerang Wick dengan tangan kosong. Mereka mempersenjatai diri dengan Karambit, pisau kecil berbentuk melengkung asal Minangkabau. Hal ini tentu berbeda dengan musuh Wick lainnya lebih mengandalkan senjata api modern.

Baca juga:

Balada Fans K-Pop Tergila-Gila Sendal Jepit Swallow Made In Negeri Aing

Ketika berhasil membuat Wick tersungkur, keduanya pun menyapa dengan nada sinis. "Senang bertemu dengan Anda Mr. Wick," ujar Cecep Arif Rahman. Lalu temannya, Yayan Ruhian pun menimpali. "Bangga bertarung dengan Anda, Mr. Wick". Penonton Indonesia tentu bangga Pencak Silat, Karambit, dan Bahasa Indonesia tampil di film Hollywood.

Keanu Reeves memerankan John Wick, dikutip Collider, meminta agar seni beladiri asal Indonesia tersebut tampil di film tersebut. Reeves terpesona dengan Pencak Silat lantaran tidak hanya sebatas beladiri, namun terdpat unsur spiritual dan seni budaya.

Begitu tertariknya Reeves hingga meminta Cecep dan Yayan mengajarinya beberapa jurus dalam Pencak silat. Tampak modifikasi gerakan Pencak Silat pada serangan Reeves saat berhadapan dengan Cecep dan Yayan.

"Saya tahu Yayan dan Cecep dari seri The Raid. Saya juga sempat berlatih dengan mereka. Mereka pesilat sangat luar biasa," puji Keanu mengungkapkan alasannya ingin kedua pendekar silat asal Indonesia itu tampil dalam filmnya dikutip Collider.

Kehadiran Pencak Silat berikut para pesilatnya di film laga dalam dan luar negeri menarik minat berbagai kalangan kembali menekuni beladiri Made In Negeri Aing. Berikut pesilat mengharumkan nama Indonesia di jagat perfilman Hollywood. Siapa saja?

1. Yayan Ruhian

Yayan dan Cecep melawan Wick. (Foto Lionsgate)
Yayan dan Cecep melawan Wick. (Foto Lionsgate)

Pria asal Tasikmalaya tersebut dianggap Dewa-nya pencak silat. Ia sudah mendalami Pencak Silat ketika usia 13 tahun. Puluhan tahun berkutat dengan pencak silat membuat ia menjadi pelatih Pencak Silat. Begitu piawainya, Yayan sempat dipercaya sebagai pelatih untuk Pasukan Pengamanan Presiden.

Pencak silat menuntun pria berusia 52 tahun itu memasuki dunia seni peran. Lewat kemahirannya dalam Pencak Silat, ia ditunjuk tampil di film Merantau. Ia kembali dipercaya kembali berlaga di film The Raid. Tidak hanya menjadi pemain saja, ia juga diminta sang sutradara, Gareth Evans untuk menjadi penata koreografer. Film The Raid sukses hingga ke mancanegara seperti Australia, Inggris, bahkan Amerika!

Kesuksesan film The Raid turut mengantarkan para pemainnya sukses pula di kancah perfilman internasional, salah satunya Yayan Ruhian. Film The Raid membuatnya semakin dikenal luas apalagi perannya sebagai Mad Dog dengan jargon "greget" begitu melekat di hati penonton.

Bahkan membuat sineas asing tertarik untuk meminangnya dalam film mereka. Dari The Raid, ia melenggang ke film internasional seperti Star Wars: The Force Awakens. Ia juga pernah tampil di film berjudul Beyond Skyline. Dan terakhir, paling membuat gempar adalah keterlibatannya dalam film John Wick 3: Parabellum.

2. Iko Uwais

iko uwais
Iko Uwais dalam 'Man of Tai Chi'.

Sama seperti Yayan, Iko juga memulai perjalanannya sebagai atlet Pencak Silat sejak masih kecil. Ia kerap mengukir prestasi di seni beladiri tersebut. Mulai dari juara tiga di Kejuaraan Daerah Antarperguruan Silat se DKI Jakarta, sampai Penampil Terbaik di Kejuaraan Silat Nasional. Momen penanda banting setirnya Iko ke dunia seni peran ketika ia tampil di film Merantau besutan Gareth Evans di tahun 2009. Selanjutnya ia kembali muncul dalam film laga The Raid.

Baca juga:

Barang Made in Negeri Aing Naik Kasta di Luar Negeri

Pada 2013, Iko semakin mahir dalam mempraktikkan martial art Negri Aing tersebut mulai unjuk gigi di dunia seni peran, untuk film Man of Tai Chi. Di film tersebut, Iko beradu akting dengan Keanu Reeves. Hal tersebut semakin membuka jalannya menapaki dunia perfilman internasional. Ia terlibat dalam film Star Wars: The Force Awakens bersama Harrison Ford.

3. Cecep Arif Rahman

cecep arif rahman
Mark Dacascos dan Cecep Arif Rahman.

Cecep Arif Rahman merupakan pasangan duet Yayan Ruhian saat melawan John Wick! Sama seperti rekannya itu, Cecep rupanya juga memulai karirnya sebagai pelatih Pencak Silat. Kemampuannya sebagai pelatih tidak perlu diragukan lagi. Ia dipercaya mengajar Pencak Silat di sejumlah negara, seperti Amerika, Inggris, Perancis dan masih banyak lagi.

Meskipun sudah menjadi seorang pelatih mumpuni, ia tetap tekun memperdalam ilmu beladiri tersebut. Hingga akhirnya ia dipercaya tampil dalam The Raid 2. Selanjutnya, ia memulai karirnya sebagai aktor internasional dalam film Star Wars: The Force Awakens. Bersama Yayan Ruhian, ia meruntuhkan John Wick dengan jurus Pencak Silat, meski akhirnya keduanya kalah.

4. Joe Taslim

joe taslim
Joe Taslim dalam film 'Mortal Kombat'.

Berbeda dengan ketiga rekannya di film The Raid, Joe tidak hanya fokus di pencak silat. Pria kelahiran 23 Juni 1981 tersebut menguasai beberapa ilmu beladiri, seperti wushu, judo, hingga taekwondo.

Dalam sebuah kesempatan, ia juga mengutarakan cita-citanya bukanlah sebagai atlet melainkan seorang aktor. Ia mengatakan keinginannya adalah memperkenalkan seni beladiri pada generasi muda. "Saya ingin mengajarkan pada generasi muda bahwa film action bisa digarap serius tanpa mengeksploitasi kekerasan," ujarnya ditemui pada 2019.

Keinginannya terwujud, ia tampil sebagai aktor menjanjikan dalam film The Raid. Joe Taslim sukses tampil di sejumlah film Hollywood ternama, seperti Fast and Furious, Star Trek Beyond, The Swordsman, dan begitu happening, Mortal Kombat. Dalam film Mortal Kombat, ia bahkan tampil sebagai pemeran utama. (Avia)

Baca juga:

Balada Fans K-Pop Tergila-Gila Sendal Jepit Swallow Made In Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Waspada, Leher Kaku Bisa Jadi Penyakit Serius
Fun
Waspada, Leher Kaku Bisa Jadi Penyakit Serius

Segera konsultasi ke dokter apabila leher kaku tak kunjung sembuh.

6 Jenis Keju Paling Sehat dengan Kandungan Protein yang Baik
Fun
 Lebih Otentik dan Universal, Google Desain Ulang Emojinya
Fun
Lebih Otentik dan Universal, Google Desain Ulang Emojinya

Google melakukan desain ulang emoji jadi lebih otentik dan universal.

Ghozali Everyday Jual Foto Selfie NFT, Harga Tertinggi Rp 3 Triliun
Fun
Ghozali Everyday Jual Foto Selfie NFT, Harga Tertinggi Rp 3 Triliun

Harga terendah foto selfie Ghozali dihargai Rp 9,5 juta.

Paris Fashion Week Turut Tingkatkan Kinerja Lingkungan
Fashion
Paris Fashion Week Turut Tingkatkan Kinerja Lingkungan

Setiap brand punya tanggung jawabnya masing-masing.

Hindari Cek Ponsel di Waktu tak Tepat
Hiburan & Gaya Hidup
Hindari Cek Ponsel di Waktu tak Tepat

Penggunaan teknologi yang tidak tepat waktu dianggap sebagai tanda zaman.

Kangen Band Kembali Menyapa Para Penggemar dengan “Sesaknya Dada’
ShowBiz
Kangen Band Kembali Menyapa Para Penggemar dengan “Sesaknya Dada’

Babang tamvan cs kembali dengan single Sesaknya Dada di pertengahan Agustus 2021

Prolog Fest 2021 Padukan Konser Musik dan Vaksinasi
ShowBiz
Prolog Fest 2021 Padukan Konser Musik dan Vaksinasi

Prolog Fest akan memadukan antar konser musik dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi para penikmat musik, khususnya anak kawula muda

Kurir Paket Multivendor, Si Gila Kerja
Fun
Kurir Paket Multivendor, Si Gila Kerja

Pagi, siang malam adalah jadwal kerja untuk kurir paket multivendor.

Gorila di Zoo Atlanta, Positif Terkena COVID-19
Fun
Gorila di Zoo Atlanta, Positif Terkena COVID-19

Pengujian dimulai dan sampel usap tinja, hidung, dan mulut dikirim ke Laboratorium Diagnostik Hewan Athena