Peserta Tour de Flores Sudah Tiba di Larantuka

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 13 Juli 2017
Peserta Tour de Flores Sudah Tiba di Larantuka
Tim Sepeda PGN salah satu peserta Tour de Flores 2017 (ANTARA FOTO/HO)

Para peserta balap sepeda internasional Tour de Flores (TDF) 2017 dari sekitar 20 negara sudah berada di Larantuka, Ibukota Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), sejak Rabu (12/7).

"Peserta terakhir hari ini tiba di Larantuka. Malam ini akan digelar 'launching' sehingga pada Jumat tinggal acara pelepasan peserta," kata Bupati Flores Timur Anton Gege Hadjon kepada Antara di Larantuka, Kamis (13/7).

Acara pelepasan yang direncanakan akan dilakukan Gubernur NTT Frans Lebu Raya bertempat di depan Kantor Bupati Flores Timur pada pukul 07.30 WITA atau sama seperti pelepasan TDF 2016.

Dia mengatakan para peserta akan melakukan perjalanan pada etape pertama Larantuka-Maumere mulai pukul 07.30-10.30 WITA.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Wely Rohimone secara terpisah menjelaskan jarak tempuh pada TDF 2017 berbeda dengan TDF 2016 karena ada penambahan etape baru.

Menurut dia, jarak tempuh balap sepeda internasional TDF 2017 ini telah mengalami penambahan dari sebelumnya sepanjang 661,5 kilometer menjadi 808 kilometer karena adanya rute baru Aegela-Mbay.

Para pebalap akan memulai etape pertama dari Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur di ujung timur Pulau Flores, selanjutnya menuju Maumere, Ende, Mbay, Borong, Ruteng dan "finish" di kota paling barat Pulau Flores yaitu Labuan Bajo.

Penambahan jarak tempuh itu diyakini akan menjadi tantangan tersendiri bagi pebalap internasional yang kini telah terdaftar sebanyak 20 tim atau lebih dari 150 orang tersebar dari Eropa, Amerika, Asia dan Australia.

"Tentu semakin jauh jarak tempuh ini akan memacu kemampuan usaha masing-masing pebalap untuk menaklukkan setiap etapenya, apalagi para pebalap internasional itu biasanya suka sekali dengan tantangan-tantangan baru," katanya. (*)

Sumber: ANTARA

#Sepeda Balap #Flores #NTT
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan