Pesepakbola Indonesia Paling Laris di Liga Malaysia Evan Dimas. Foto: Selangor FA/Facebook

MerahPutih.com - Kompetisi Liga Malaysia menerapkan kuota pemain Asia Tenggara pada musim ini. Aturan ini membuat sejumlah klub Negeri Jiran itu berlomba-lomba mendatangkan sejumlah punggawa dari negera tetangga, salah satunya Indonesia.

Menurut laporan Berita Harian, sejauh ini, pemain Indonesia paling laris manis dikontrak oleh klub Liga Super maupun Premier Malaysia. Tercatat, ada lima pemain tanah air yang berlaga di Liga Super musim ini.

Bekas pemain Selangor FA, Andik Vermansah menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang kekal bersaing di Malaysia dengan bergabung juara Piala FA 2017, Kedah selepas kontraknya tidak diperpanjang oleh Red Giants musim ini.

Selangor meneruskan tradisi untuk 'mengimport' pemain dari Indonesia setelah sukses menggaet dua pemain muda tanah air Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn sekaligus menjadi satu-satunya tim yang mendapat dua pemain dari satu negara ASEAN yang sama bagi musim 2018.

Dua lagi pemain Indonesia yang beraksi dalam Liga Super musim ini adalah bek Kuala Lumpur FA, Achmad Jufriyanto dan bekas penyerang Persib Bandung, Ferdinand Sinaga yang perkuat Kelantan.

Sementara itu, Singapura dan Kamboja bersama-sama berada di posisi kedua dengan masing-masing diwakili empat pemain yang bergabung dengan empat klub Liga Super.

Bek Harris Harun tetap bersama juara Liga Super, Johor Darul Ta'zim (JDT) dan Shahdan Sulaiman menyertai Melaka United, Pahang mendapatkan Safuwan Baharuddin sementara Faris Ramli mengisi kuota import ASEAN bagi PKNS FC.

Turut setim dengan Safuwan dalam skuat Tok Gajah adalah bekas penyerang Boeung Ket Angkor, Chan Vathanaka, Keo Sokpheng gabung dengan klub promosi pLiga Super, PKNP FC sementara pemain berdarah Prancis-Kemboja, Bin Chanthacheary memilih bersama Terengganu FC (TFC).

Mantan winger Preah Khan Reach Svay Rieng FC, Prak Mony Udom menjadi pemain Kemboja terakhir ke negara ini dengan gabung Negeri Sembilan pada saat akhir untuk menggantikan pemain import dari Singapura, Madhu Mohana yang dicoret karena mengalami cedera.

Dua pemain dari Filipina turut menyemarakkan kancah Liga Super musim ini yakni pemain belakang Kedah, Alvaro Silva dan pemain sayap Perak, Misagh Bahadoran.

Secara keseluruhan, 15 pemain Asia Tenggara didaftarkan musim ini sesuai aturan pemain asing kelima yang diperkenalkan Football Malaysia Limited Liability Partnership (FMLLP) dengan semua 12 klub boleh mengambil legiun asing dari ASEAN untuk masing-masing klub.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH