Peselancar Filipina Penyelamat Nyawa Atlet Indonesia Dapat Gelar Pahlawan Roger Casugay-kanan atas (Istimewa)

MerahPutih.com - Atlet Filipina Roger Casugay akan mendapatkan gelar kepahlawanan, meskipun gagal menyumbang emas di cabang olah raga selancar dalam SEA Games kali ini.

Peselancar Filipina, Roger Casugay, menjadi sorotan saat pertandingan SEA Games 2019, Jumat (6/12). Bukan karena memenangi medali emas, melainkan aksi heroiknya menyelamatkan nyawa pesaingnya asal Indonesia.

Baca Juga

SEA Games 2019: Peselancar Filipina Buang Peluang Medali Emas demi Selamatkan Pesaing dari Indonesia

Dilaporkan BolaSkor.com, aksi heroik itu terjadi ketika cabor selancar tengah dipertandingkan di SEA Games 2019. Pertandingan sempat ditunda beberapa kali karena badai Kammuri yang melanda.

Sejatinya situasi di tempat pertandingan juga belum memadai untuk pertandingan SEA Games 2019. Namun, kompetisi harus segera berjalan sehingga laga berlangsung. Alhasil, peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, nyaris menjadi korban.

selancar
Roger Casugay dan Arip Hidayat (foxsportsasia.com)

Arip hampir tenggelam karena terhantam ombak saat laga SEA Games 2019 itu berlangsung. Melihat hal tersebut, Roger Casugay melepas peluang meraih medali emas SEA Games 2019 demi menyelamatkan Arip. Apa yang dilakukan oleh Casugay mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi.

Baca Juga:

Jokowi Puji Atlet Filipina Rela Lepas Emas Demi Nyawa Surfer Indonesia

Bahkan, Jurnalis ABS-CBN, Kat Domingo melaporkan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, juga bakal memberikan gelar kepahlawanan kepada Roger Casugay. Duterte mengapresiasi tindakan peselancar tersebut.

Nantinya, Rodrigo Duterte akan memberikan gelar Lapu-Lapu untuk Roger Casugay. Gelar tersebut diberikan kepada mereka yang mengharumkan nama negara.

Roger Casugay juga akan mendapat kehormatan membawa bendera Filipina pada ajang penutupan SEA Games 2019. Penutupan bakal berlangsung pada Rabu (11/12). (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH