Pesawat Pertama Indonesia Karya BJ Habibie Jadi Penghuni Museum Muspusdirla Yogyakarta

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 20 Agustus 2020
Pesawat Pertama Indonesia Karya BJ Habibie Jadi Penghuni Museum Muspusdirla Yogyakarta
Pesawat N250 Gatotkaca di Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Foto: Twitter/TNI AU

MerahPutih.com - Pesawat turboprop N-250 Gatotkaca yang merupakan hasil karya B.J. Habibie kini menjadi penghuni Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

"Sejarah baru sedang dijalani N-250 Gatotkaca. Pesawat asli karya putra Indonesia yang pada 1995 sempat menggegerkan dunia karena kecanggihan teknologinya pada zamannya, kini harus menerima kenyataan sebagai penghuni museum,' tulis akun Facebook resmi milik TNI Angkatan Udara, dikutip MerahPutih.com, Kamis (20/8)

Baca Juga

Kelas Jurnalis Cilik, Kegiatan Anak Pesisir Jakarta di Tengah Pandemi

Gatotkaca akan menempuh perjalanan panjang dari Bandung menuju Muspusdirla Yogyakarta. Namun, sang Gatotkaca tidak akan terbang melainkan melalui jalan darat dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Bandung, menuju Muspusdirla Lanud Adisutjipto

"Ada perasaan pilu menyaksikan nasib sang Gatotkaca kini, meskipun demikian, ini kenyataan yang tidak bisa kita tolak," sambung akun tersebut.

Pesawat N250
Pesawat N250 Gatotkaca di Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Foto: Twitter/TNI AU

"Selamat jalan Gatotkaca, semoga di tempat baru, kamu dapat lebih menginspirasi generasi sekarang dan mendatang."

Pesawat N-250 adalah pesawat penumpang sipil buatan Presiden ke-3 RI, BJ Habibie. Pesawat jenis turboprop merupakan rancangan asli IPTN (Sekarang PT Dirgantara Indonesia).

Pesawat ini berhasil terbang perdana selama 55 menit pada tanggal 10 Agustus 1995. N250 juga sempat menjadi bintang pameran pada saat Indonesian Air Show 1996 di Cengkareng.

Baca Juga

Goa Pindul dibuka Terbatas, ini Persyaratan Wisata ke Sana

Kecepatan pesawat ini maksimal 610 km/jam kecepatan ekonomis 555 km/jam. Kapasitas penumpang N250 Gatotkaca adalah sebanyak 50 orang. (*)

#BJ Habibie #Presiden Ketiga BJ Habibie
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan