Pesawat N-250 Kebanggaan Anak Bangsa Replika Pesawat N-250 di Museum Transportasi, TMII, Jakarta. (Foto: MerahPutih/Arie Majorca)

MerahPutih Nasional - Pesawat terbang N-250 adalah pesawat berkapasitas 50 penumpang dengan nama Gatotkaca. Nama tokoh pewayangan yang diberikan oleh Presiden Soeharto untuk pesawat buatan Indonesia. Huruf N pada pesawat ini memiliki arti Nusantara.

Pesawat N-250 merupakan proyek prestisius pesawat penumpang komersial buatan Indonesia yang didirikan oleh Presiden RI ke-3 Bacharudin Jusuf Habibie. Pesawat ini terbang perdana pada tanggal 10 Agustus 1995 dalam rangka menyambut hari ulang tahun emas ke 50 Republik Indonesia.

Sebagai salah satu produk unggulan Indonesia, pesawat ini menggunakan teknologi tinggi dari CASA Spanyol dan inovasi anak bangsa di PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. BUMN tersebut kini bersalin rupa menjadi PT Dirgantara Indonesia. Keberadaan perusahaan tersebut dianggap sebagai pelopor industri manufaktur pesawat udara terkemuka di kawasan Asia Pasifik.(Baca juga: Seulawah Pesawat Pertama Indonesia, Sumbangan Rakyat Aceh)

Akibat krisis ekonomi yang melanda Indonesia di tahun 1998, proyek pesawat ini pun kemudian berhenti. Munculnya pesawat N-250 ini menandai berkembangnya teknologi transportasi udara nasional yang memiliki peran sangat penting guna menunjang pembangunan nasional serta menghubungkan wilayah Nusantara. (cpy)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH