Pesawat Kargo Korea Utara Tiba di Singapura

MerahPutih.Com - Jelang pertemuan puncak pertama antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump pada tanggal 12 Juni nanti, sejumlah persiapan mulai dilakukan.

Meski pada awalnya Korea Utara sempat terlihat enggan sehingga membuat Trump murka kini Korea Utara justru lebih aktif menyambbut pertemuan bersejarah tersebut.

Sebuah pesawat kargo yang pernah digunakan untuk mengiringi kunjungan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke China baru-baru ini bertolak meninggalkan Pyongyang, diperkirakan menuju Singapura, Minggu (10/6), menjelang pertemuan Kim dan Presiden AS Donald Trump.

Persiapan menyambut pertemuan puncak Trump dan Kim
Howard, seorang China-Australia meniru pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dan Dennis Alan, meniru Presiden Amerika Serikat Donald Trump, bertemu di Merlion Park di Singapura (ANTARA FOTO/REUTERS/Edgar Su)

Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri Singapura, Kim juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Senin.

Sejak menjadi pemimpin tertinggi Korea Utara pada 2011, Kim hanya sekali melakukan perjalanan udara ke luar negeri dan pesawat kargo jenis Ilyushin-76 ikut mendampingi Kim yang terbang dengan pesawat jet pribadi Ilyushin-62M ke Dalian, China pada Mei lalu.

Berdasarkan data penerbangan, pesawat kargo Ilyushin-76 tersebut bertolak meninggalkan Pyongyang pada Minggu pagi dan singgah di Guangzhou, selatan China, sebelum melanjutkan perjalanan yang diperkirakan menuju Singapura.

Surat kabar Singapura Straits Times melaporkan, truk pendingin sudah menunggu di bandara Changi untuk mengangkut muatan di pesawat kargo tersebut.

Singapura sambut pertempuan Puncak Trump dan Kim
Seorang penata taman mendekorasi sebuah kanon di Fort Siloso dengan bunga sebagai simbol perdamaian menjelang KTT antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tanggal 12 Juni di pulau resor Sentosa Singapura, Sabtu (9/6). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters, pesawat tersebut diyakini memuat bahan makanan dan beberapa mobil mewah untuk mengawal Kim selama kunjungan di Singapura.

Pesawat kargo jenis Ilyushin-76 tidak bisa terbang lebih dari 3.000km tanpa mengisi bahan bakar jika mengangkut barang dengan kapasitas penuh. Jarak antara Pyongyang dan Singapura adalah sekitar 4.700km.

Ilyusin-76, yang dirancang untuk mengangkut peralatan berat ke daerah terpencil di era Uni Soviet, memiliki kapasitas angkut satu bus sekolah dan dua kontainer di dalamnya.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB, Indonesia akan Beri Perhatian Khusus untuk Palestina



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH