Resmikan Monumen Pesawat AS-202 Bravo LM-2017  Panglima TNI: Saya Terbang Pertama dengan Pesawat Ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan Monumen pesawat AS-202 Bravo LM-2017 di UNS Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan Monumen pesawat AS-202 Bravo LM-2017 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/9).

Pesawat AS-202 Bravo LM-2017 ini merupakan pesawat yang diterbangkan Panglima TNI saat kali pertama terbang latihan di Solo.

Baca Juga:

Panglima TNI Marsekal Hadi Beberkan 44 Titik Api di Riau Sudah Padam

"Perlu diketahui pesawat ini merupakan pesawat latih pemula untuk lulusan taruna maupun pendidikan suka rela dinas pendek. Saya juga terbangkan pesawat ini saat masih muda belajar di Solo," ujar Marsekal Hadi kepada awak media termasuk MerahPutih.Com.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berpose depan Pesawat AS-202 Bravo LM-2017
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama istri dan didampingi Rektor UNS berpose depan Pesawat AS-202 Bravo LM-2017 (MP/Ismail)

Panglima TNI mengungkapkan pesawat jenis ini sekarang banyak digunakan bintara Polri, TNI AD, dan TNI AL. Dari latihan pesawat ini melahirkan banyak pilot handal.

"Saya bisa katakan pesawat ini penuh sejarah. Pesawat ini buatan Swiss pada awal tahun 80an. Pesawat ini datang ke Indonesia dan digunakan sebagai pesawat latih pumula sampai sekarang," tutur dia.

Malalui museum ini ingin mengajak pada mahasiswa UNS Surakarta menjadi generasi-generasi penerusa bangsa yang akan berkiprah dalam berbagai kehidupan bangsa dan negara. Mahasiswa UNS usai lulus diharapkan dapat terbang tinggi sesuai dengan cita-citanya.

"Kami perhitungkan tahun 2036 Indonesia akan mengalami puncak bonus demografi. Kondisi itu membutuhkan sumber daya manusia unggulan agar negara Indonesia maju dan memperoleh bonus demografi tersebut," papar dia.

Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengungkapkan pesawat ini bisa menjadi ikon untuk memotivasi mahasiswa, generasi muda agar menjadi satria pengawal dirgantara. Keberadaan monumen pesawat latih akan menambah kecintaan dan kebanggan masyarakat Solo dan sekitarnya terhadap TNI AU dan kedirgantaraan nasional.

Baca Juga:

Sambut HUT ke-74 TNI, Panglima TNI Ziarah ke Makam Jenderal Sudirman

"Kami juga menerima bantuan berupa mesin pesawat dari Panglima TNI sebagai alat peraga bagi mahasiswa Fakultas Teknik khususnya pada program studi teknik mesin," tutupnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Jelang HUT ke-74 TNI, Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto di Astana Giribangun



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH