Pesan Wagub DKI Kepada Peserta Didik di Jakarta yang Sekolah Online Aktivitas belajar-mengajar di Sekolah Taruna Papua (ANTARA/Evarianus Supar)

Merahputih.com - Pemprov DKI Jakarta belum membuka sekolah di ibu kota pada tahun ajaran 2020-2021 yang dimulai pada hari ini Senin (13/7). Disdik DKI pun menerapkan belajar melalui sistem online atau daring.

Dalam pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA), Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan sambutan secara online kepada perwakilan peserta didik, pendidik, dan orang tua peserta didik.

Baca Juga:

Vaksin Flu Burung Buatan Kementerian Pertanian Bakal Diproduksi Massal

Riza berharap kegiatan MPLS dan MATSAMA ini dapat memotivasi dan membangun komunikasi dalam membangun kolaborasi yang tangguh dengan mencapai pendidikan yang tuntas dan berkualitas untuk semua.

Meskipun pembelajaran jarak jauh, Riza berpesan kepada setiap peserta didik untuk tetap semangat sebagai generasi penerus masa depan bangsa.

“Di tangan anak-anakku semua, harapan bangsa ini ke depan. Mudah-mudahan, kalian tetap dapat mengikuti berbagai kegiatan rangkaian sekolah sekalipun masih dilakukan secara jarak jauh," kata Riza.

fofo
Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021. Foto: MP/Asropih

Sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Pendidikan Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 dan kesiapan dimulainya kegiatan belajar dan mengajar, Tahun Pelajaran kali ini berbeda dengan Tahun Pelajaran sebelumnya.

Pandemi COVID-19 membuat kegiatan belajar dan mengajar di DKI Jakarta dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak 16 Maret 2020. Memasuki Tahun Pelajaran 2020-2021 di tengah pandemi, PJJ tetap diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar.

"Pastikan anak-anakku tercinta dapat ilmu pengetahuan yang baik, pembelajaran yang baik,” ujarnya.

Untuk waktu pelaksanaan MPLS dan MATSAMA Tahun Pelajaran Baru 2020-2021 diadakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Juli 2020, dengan waktu pelaksanaan yang disesuaikan menurut jenjang pendidikannya.

Informasi lengkap pelaksanaan MPLS dan MATSAMA dapat diakses pada portal siapbelajar.jakarta.go.id.

Baca Juga:

Laboratorium Vaksin Flu Burung Bakal Disulap Jadi Tempat Produksi PCR

Orang tua siswa, bernama Lisa (42) mengaku kasihan dengan belajar mengajar melalui online. Ia pun berdoa musibah non alam ini cepat berlalu agar buah hatinya bisa belajar di sekolah lagi. "Semoga covid cepet berlalu kasian anak gw sekolah online mulu," tutur Lisa.

Lisa mengaku, pada sekolah ajaran 2020-2021 belajar melalui online. Ia juga mengaku rumit bila belajar online karena harus mendampingi anak melalui internet. "Iya online semua," paparnya. (Asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH