Pesan Tjahjo untuk Barisan Merah Putih Tolikara Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kanan) didampingi Plt Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo (kiri). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

MerahPutih.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyesalkan tindakan anarkis sekelompok orang yang mengaku Barisan Merah Putih Tolikara, Rabu (11/10) kemarin.

Kelompok yang diduga merupakan pendukung salah satu pasangan calon kalah dalam Pilkada Kabupaten Tolikara Papua itu menyerang Kemendagri dan merusak sejumlah properti serta melukai beberapa orang pegawainya.

Terkait hal itu, Tjahjo meminta polisi menyelidiki aksi anarkis tersebut hingga ke dalang perusuh tersebut.

"Harga diri dan kehormatan saya khususnya, terganggu dengan ulah orang-orang-tersebut yang mengatasnamakan warga Tolikara pendukung calon pilkada yang kalah. Ada yang bermain-main, tidak sekadar masalah Pilkada Tolikara dan keputusan MK," kata Tjahjo melalui keterangan pers, Kamis (12/10).

Dia meyakini, ada yang mendalangi aksi penyerangan hingga menyebabkan kerusakan materil dan menimbulkan korban luka-luka. "Harus dibongkar, siapa yang mendalangi penyerbuan dan pengrusakan," tandasnya.

Sebelumnya, Mendagri mengaku sudah 2 bulan terakhir ini memediasi dan mendengarkan tuntutan mereka.

Namun, Tjahjo menjelaskan bahwa sengketa Pilkada Tolikara sudah memasuki ranah MK. Kemarin, meraka ngotot meminta Kemendagri membatalkan keputusan tersebut, hingga akhirnya melakukan tindakan anarkis. (Fdi)

Baca berita terkait aksi penyerangan kantor Kemendagri lain di: Berikut Kronologis Penyerangan di Kantor Kemendagri

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH