Pesan Presiden untuk Para Calon Perwira Muda TNI/Polri

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Senin, 24 Juli 2017
Pesan Presiden untuk Para Calon Perwira Muda TNI/Polri
Presiden Joko Widodo (kanan) menyampaikan arahan saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna tentang RAPBN 2018 di Istana Negara, Jakarta, Senin (24/7). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

MerahPutih - Presiden RI Joko Widodo mengingatkan soal besarnya ancaman global, baik dari sisi ekonomi, politik, maupun pertahanan keamanan, yang akan dihadapi Indonesia kepada calon perwira remaja (capaja) TNI/Polri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pembekalan kepada capaja TNI/Polri di Gedung Olahraga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (24/7).

"Calon perwira yang besok akan dilantik di Istana ini 'kan masih muda-muda, artinya mereka harus memiliki visi ke depan seperti apa. Tadi saya sampaikan bahwa lanskap politik global, lanskap ekonomi global, lanskap ancaman pertahanan keamanan sudah akan berubah, pasti sudah berubah. Oleh sebab itu, harus diantisipasi dari sejak sekarang," kata Presiden.

Relevansi dari beragam program, termasuk pengadaan, menurut Presiden, sebetulnya juga harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Misalnya, pengadaan tank pun harus dievaluasi karena mungkin saja saat ini sudah tidak diperlukan, tetapi justru lebih diperlukan drone.

"Kan negara ini besar dengan 17.000 pulau. Artinya perlu drone yang besar maupun yang kecil. Misalnya, untuk memantau perbatasan, memantau terorisme yang ada di hutan, maupun diperbatasan," katanya.

Selain itu, konsep keamanan siber juga harus mulai dipikirkan agar sesuai dengan cepatnya perubahan.

"Melihat benda-benda yang mencurigakan di laut kapal atau yang lainnya sehingga memang perubahan-perubahan seperti itu harus mulai kita pikirkan dari sekarang," katanya.

Visi-visi seperti itulah kata Presiden yang harus dimiliki oleh capaja TNI/Polri untuk menghadapi perubahan yang sudah sangat cepat sekarang ini.

Sumber: ANTARA

Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan