Tika Project Pop Lontarkan Pesan Menohok untuk para Pengcover Lagu tanpa Izin Tika dan Udjo Project Pop (Foto: MerahPutih/Raden Yusuf

SEIRING perkembangan dunia digital yang semakin canggih saat ini, banyak musisi yang meng-cover lagu-lagu dari para penyanyi ternama Indonesia maupun dunia. Bahkan tak sedikit dari mereka yang menunggah video maupun audio hasil cover mereka ke beberapa media sosial.

Tak jarang, ada beberapa nama musisi yang akhirnya menjadi viral atau terkenal di jagat maya berkat membawakan lagu-lagu cover dari berbagai artis terkenal.

Berbicara soal para peng-cover lagu, salah seorang personel Project Pop, yaitu Tika Panggabean, angkat bicara. Ia mengaku bahwa hal itu sah-sah saja dilakukan, tapi ada baiknya meminta izin dari sang empunya lagu, karena tak semua musisi rela lagunya dipakai sembarangan.

"Enggak apa-apa kalau cover-cover sih ya, tapi lebih bagus kalau si empunya di-mention kalau perlu di DM saja dulu. Contoh, aku mau cover lagunya Mas Yovie deh boleh enggak? Banyak kok musisi yang merelakan lagu mereka untuk di-cover," ucap Tika Panggabean saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Tika mengungkapkan, "Tapi misalnya kalau ada musisi yang keberatan untuk meng-cover itu haknya. Misal dia bilang enggak boleh, ya udah jangan."

Tika Panggabean (foto: instagram)

Pendapat Tika soal cover lagu tu bukan tanpa alasan. Yang menjadi perhatiannya saat ini ialah jika ada 'uang' di dalam lagu cover tanpa izin sang empunya lagu. Seperti halnya pendapatan dari digital platform yang harus mendapatkan izin resmi dari pemilik lagu.

"Kalau tidak sudah melibatkan part yang lain. Dalam artian kalau viewers-nya banyak terus ada monetize di dalamnya kayak uang di dalemnya, terus dia di-approve gimana nih kalau masuk ke digital platform? Nah tuh, ada suatu proses yang ia lalui lagi selain minta izin, kemudian bernegosiasi sama si pemilik lagu, bagian lu berapa, bagian gue berapa," jelasnya. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Terbongkar! Alasan Chicco Jerikho Buru-Buru Nikahi Putri Marino

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH