Pesan Mendes PDTT kepada Mahasiswa KKN UGM Yogyakarta

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 23 Juni 2018
Pesan Mendes PDTT kepada Mahasiswa KKN UGM Yogyakarta
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo melepas ribuan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa-desa di seluruh Indonesia, Sabtu (23/6) di lapangan

MerahPutih.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo melepas ribuan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa-desa di seluruh Indonesia, Sabtu (23/6) di lapangan Graha Sabha Pratama (GSP) UGM Yogyakarta.

Para mahasiswa yang menjalani program KKN ini ada yang ditempatkan di kawasan perbatasan maupun kawasan transmigrasi serta di kawasan daerah-daerah lainnya.

Mendes PDTT Eko mengapresiasi program KKN yang diinisiasi oleh UGM karena program KKN ini bisa memberikan pendampingan kepada masyarakat desa baik di bidang administrasi, teknik sipil, pertanian, dan bidang lainnya termasuk bidang pemberdayaan ekonomi seperti pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pengelolaan desa wisata dan lain sebagainya.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo memberikan pengarahan dan penerjunan mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, koordinator wilayah KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta periode 2 tahun 2018 di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM (23/6). Foto: Kemendesa

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari UGM karena salah satu dari kendala pembangunan desa adalah masalah pendidikan, masalah ketersediaan SDM. sehingga dengan adanya KKN ini mahasiswa bisa membantu melakukan pendampingan kepada masyarakat desa," ujarnya.

Mendes Eko berharap kepada para mahasiswa yang menjalani KKN untuk dapat melihat peluang-peluang potensi yang ada di desa agar setelah menyelesaikan study-nya di UGM bisa menjadi pengusaha agar dapat membantu masyarakat desa dalam memberikan lapangan pekerjaan di desa.

"Saya berharap para mahasiswa bisa melihat peluang usaha yang ada di desa desa. Karena peluang usahanya di desa itu sangat besar. Misalnya usaha pascapanen, pengelolaan desa wisata, pengelolaan distribusi yg berbasis e-commerce dan lainnya. Jadi, saya berharap mahasiswa begitu lulus nanti bisa terjun ke masyarakat dan menjadi tenaga siap pakai yang suatu saat nanti juga bisa menjadi pengusaha yang bisa membantu masyarakat desa dalam memberikan lapangan pekerjaan," katanya.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo melepas ribuan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa-desa di seluruh Indonesia, Sabtu (23/6) di lapangan Graha Sabha Pratama (GSP) UGM Yogyakarta. Foto: Kemendesa

Sementara itu, Rektor UGM Panut Mulyono melaporkan bahwa jumlah mahasiswa yang menjalani KKN pada tahun 2018 yakni sebanyak 5.992 mahasiswa. Para mahasiswa akan disebar di sejumlah desa di 34 provinsi. Dalam KKN ini, Panut Mulyono meminta kepada mahasiswa agar selalu menjaga nama baik almamater UGM dengan dedikasi dan prestasi yang tinggi.

"Selama di lokasi KKN, saya minta untuk membantu dalam membimbing masyarakat dengan kegiatan-kegiatan positif dan produktif yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. Saya berharap program-program yang telah direncanakan dapat berjalan lancar dan membawa manfaat bagi masyarakat desa," katanya. (*)

#Universitas Gadjah Mada #Mendes Pdtt Eko Sandjojo #Kementerian Desa Dan Pembangunan Daerah Tertingga
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan